Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Aset, Profitabilitas dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Utang (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019)

Amalia, Raisah (2022) Pengaruh Kebijakan Dividen, Struktur Aset, Profitabilitas dan Kepemilikan Institusional terhadap Kebijakan Utang (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2019). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (284kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh kebijakan dividen yang diproksikan dengan Dividend Payout Ratio (DPR), struktur aset, profitabilitas yang diproksikan Return on Asset (ROA), kepemilikan institusional terhadap kebijakan utang yang diproksikan dengan Debt to Total Asset (DTA). Faktor- faktor yang mempengaruhi kebijakan utang penting diketahui oleh perusahaan agar dapat menetapkan kebijakan utang yang tepat. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini dianalisa dengan menggunakan metode analisis linear berganda. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 29 perusahaan sektor manufaktur yang secara berturut-turut terdaftar di BEI selama periode 2017-2019, menerbitkan laporan 31 Desember yang telah diaudit, menggunakan mata uang Rupiah, memiliki laba positif, membagikan dividen tunai, tidak melakukan aksi korporasi yaitu: share split, reverse split, right issue, dan treasury share, dan memiliki kepemilikan institusional. Hasil penelitian ini adalah (1) kebijakan dividen (DPR) tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan utang, (2) struktur aset berpengaruh positif terhadap kebijakan utang, (3) profitabilitas (ROA) tidak memiliki pengaruh negatif terhadap kebijakan utang, (4) kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap kebijakan utang dan (5) kebijakan dividen, struktur aset, profitabilitas, dan kepemilikan institusional secara simultan berpengaruh terhadap kebijakan utang.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: kebijakan utang (DTA), kebijakan dividen (DPR), struktur aset, profitabilitas (ROA), kepemilikan institusional.
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 110 Metaphysics > 117 Structure
300 Social Sciences > 330 Economics > 336 Public Finance
Divisions: Faculty of Business > Accounting
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 18:29
Last Modified: 16 May 2023 05:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24643

Actions (login required)

View Item View Item