Peran Data Engineer Intern pada PT. Teknologi Karya Digital Nusa

Miko Lee, Christofer (2023) Peran Data Engineer Intern pada PT. Teknologi Karya Digital Nusa. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Proses magang merdeka atau MBKM berjalan kurang lebih 100 hari kerja atau 800 jam kerja pada PT. Teknologi Karya Digital Nusa. PT. TKDN merupakan perusahaan yang bergerak pada pengembangan system dan telematika transportasi berbasis IT yang dimulai sejak tahun 2016. PT. TKDN memberikan solusi sistem pelayanan dan peralatan transportasi kendaraan dengan menggabungkan teknologi modern yang disesuaikan dengan kebutuhan dari klien. PT. TKDN membuka lowongan magang departemen IT yaitu sebagai Data Engineer yang memiliki tugas untuk mengurus hal yang berhubungan dengan data dan machine learning. Selama proses magang, terdapat beberapa proyek perusahaan yang sedang berjalan dan ikut ambil terhadap proyek tersebut. Perusahaan membutuhkan bantuan tenaga kerja dari pekerja magang untuk mengerjakan atau memberikan insight atau ide kepada perusahaan tentang proyek yang dituju. Ada beberapa hasil prototype yang telah dikerjakan dan diberikan kepada perusahaan PT. TKDN yang diharapkan dapat memberikan insight atau ide kepada perusahaan untuk diaplikasikan pada proyek-proyek yang sedang berjalan. Pemilihan PT. TKDN sebagai tempat magang adalah karena memiliki kesamaan bidang pada jurusan yang dipilih yaitu bergerak pada bidang teknologi dan informatika sehingga keterampilan dan pengetahuan selama proses belajar di Universitas Multimedia Nusantara dapat diaplikasikan pada pekerjaan yang diambil. Namun masih ada beberapa kendala selama bekerja pada PT. TKDN yaitu kurangnya bantuan atau arahan dari supervisor dan juga penugasan yang kurang dibimbing selama bekerja di perusahaan tersebut. Namun dari segala kendala yang ada, tentunya dapat diselesaikan dengan menghadirkan beberapa solusi yang dapat membantu agar proses magang di PT. TKDN dapat terlaksana hingga selesai.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Data Engineer, Magang, Machine Learning, Data
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Mar 2023 22:29
Last Modified: 03 Aug 2023 05:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24711

Actions (login required)

View Item View Item