Analisa Perilaku Pemain MMORPG Seluler-Niat untuk Bermain dan Niat untuk Membayar Menggunakan Teori Determinasi Diri

Dwi Rendragraha, Constantin (2023) Analisa Perilaku Pemain MMORPG Seluler-Niat untuk Bermain dan Niat untuk Membayar Menggunakan Teori Determinasi Diri. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)

Abstract

Penelitian ini mengusulkan dan menguji model penelitian perilaku pemain game Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) seluler, yang bertujuan untuk mengerti faktor motivasi yang mempengaruhi niat pemain untuk bermain dan membayar. Dengan meningkatnya popularitas game MMORPG ponsel dalam beberapa tahun terakhir, sangat penting bagi pengembang game untuk mengerti faktor-faktor motivasi ini untuk meningkatkan keberhasilan finansial game mereka. Model penelitian yang dikembangkan dalam studi ini meliputi sembilan faktor motivasi: Fleksibilitas Waktu, Gairah, Tantangan, Kompetisi, Diversi, Kenyamanan, Fantasi, Interaksi Sosial, dan Autentisitas. Faktor-faktor ini dipilih berdasarkan tinjauan literatur dari studi sebelumnya yang berkaitan dengan perilaku pemain game MMORPG ponsel dan motivasi. Menggunakan analisis persamaan struktural partial least square, studi ini menguji model penelitian secara empiris dengan 391 pemain game MMORPG ponsel dari Ragnarok X: Next Generation dan Ragnarok M: Eternal Love. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan skala Likert Lima Poin. Hasil studi ini menunjukkan bahwa niat pemain untuk bermain dan membayar game MMORPG ponsel dalam Ragnarok X Next Generation dan Ragnarok M: Eternal Love sangat dipengaruhi oleh lima variabel utama: Fleksibilitas Waktu (TF), Arousal (A), Tantangan (Ch), Kompetisi (Co), dan Kenyamanan (F). Kelima variabel ini memiliki dampak pada niat bermain karena pengembang game Ragnarok X: Next Generation dan Ragnarok M: Eternal Love memiliki desain/fitur game yang memenuhi tiga kebutuhan psikologis dasar yaitu kompetensi, otonomi, dan hubungan. Penelitian ini memberikan pengembang game pemahaman yang lebih baik tentang faktor motivasi yang harus diperbaiki untuk memenuhi kebutuhan psikologis dasar tersebut, sehingga meningkatkan keberhasilan game MMORPG seluler. Selain itu, penelitian ini juga berkontribusi pada literatur yang ada tentang perilaku pemain game MMORPG ponsel dan motivasi dengan menguji model penelitian yang komprehensif yang meliputi beberapa faktor motivasi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Massively Multiplayer Online Role-Playing Game, MMORPG Seluler, Motivasi Bermain, Niat untuk Bermain, Niat untuk Membayar, Perilaku Pemain, Ragnarok, Teori Determinasi Diri.
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 11:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24744

Actions (login required)

View Item View Item