Validasi Pengembangan Platform Kacamata di Klinik Mata untuk Memediasi Pasien dan Optik

Kurniati Sjarif, Janalia (2022) Validasi Pengembangan Platform Kacamata di Klinik Mata untuk Memediasi Pasien dan Optik. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (724kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (663kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Klinik mata merupakan layanan kesehatan sekunder yang menangani gangguan-gangguan pada mata termasuk gangguan refraksi atau kacamata. Sebagai sebuah klinik mata yang didirikan di Tangerang, Klinik Mata Serpong (KMS) menghadapi persaingan cukup tinggi dengan adanya beberapa klinik dan rumah sakit yang menyediakan layanan yang sama di area yang sama. Oleh karena itu perlu dipikirkan suatu model bisnis baru bagi klinik yang diselaraskan dengan perkembangan terbaru dalam pelayanan kesehatan mata dan teknologi sehingga dapat memberi nilai tambah dalam pelayanan klinik untuk dapat bersaing dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Dari analisa PESTLE, Porter's 5 forces, SWOT dan TOWS matrix, KMS memiliki beberapa pilihan untuk berkembang. Melihat besar dan pertumbuhan industri kacamata, menambah layanan kacamata menjadi pilihan yang menarik karena dapat memudahkan pasien yang selama ini harus ke optik untuk membeli kacamata setelah mendapatkan resep dan potensi menjangkau pasar yang lebih besar. Kemajuan teknologi juga mendukung untuk model bisnis baru dengan penambahan layanan ini melalui platform e-commerce marketplace kacamata. Untuk memastikan minat pasien membeli kacamata secara online dan optik mau bergabung dengan platform, penelitian ini menilai dengan melakukan tes interview terhadap sepuluh pasien dan lima optik. Tes dilanjutkan dengan minimal viable product (MVP) yang dinilai selama empat minggu dengan mencatat tingkat kesukaan responden melalui survey dan mengambil data penggunaan website melalui Google Analytic. Untuk optik, MVP disertai dengan letter of intent. Hasil tes menunjukkan minat pasien cukup besar, demikian juga dengan optik. Namun MVP masih memerlukan pengembangan lanjut, menyesuaikan dengan saran dan masukan dari responden.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Klinik Mata, Platform, Kacamata, Optik, e-commerce
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24746

Actions (login required)

View Item View Item