Velda Verianto, Vashti (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada E-grocery Segari dengan Moderasi Jenis Kelamin dan Usia. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (884kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (407kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (586kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (677kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (158kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pandemi Covid-19 di Indonesia yang tercatat dari bulan Maret 2020 telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan, salah satunya keterbatasan dalam mobilitas. E-grocery kemudian bermunculan untuk menjawab permasalahan yang ada, yaitu untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari termasuk bahan mentah. Segari merupakan salah satu e-grocery yang hadir dalam masa pandemi. Demi meningkatkan sales & revenue, maka dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention konsumen. Model penelitian ini menggunakan modifikasi dari teori UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use), dengan meneliti pengaruh brand association, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived price, dan perceived security terhadap purchase intention e-grocery Segari, yang dimoderasi dengan jenis kelamin dan usia. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS, dan PLS-MGA untuk menganalisa pengaruh moderasinya. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa brand association, perceived usefulness, dan perceived security berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention e-grocery Segari, sedangkan perceived ease of use dan perceived price berpengaruh positif tidak signifikan terhadap purchase intention. Jenis kelamin terbukti membedakan pengaruh brand association dan perceived security terhadap purchase intention, dimana brand association dan perceived security berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada perempuan, dan tidak signifikan terhadap laki-laki. Jenis kelamin tidak membedakan pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived price terhadap purchase intention. Usia terbukti membedakan pengaruh perceived security terhadap purchase intention, dimana perceived security berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada usia yang lebih muda, dan tidak signifikan pada konsumen berusia lebih tua. Usia tidak membedakan pengaruh brand association, perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived price.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Purchase intention, E-grocery, Jenis Kelamin, Usia, Covid-19, Pandemi |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 09:59 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 10:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24751 |
Actions (login required)
View Item |