Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada E-grocery Segari dengan Moderasi Jenis Kelamin dan Usia

Velda Verianto, Vashti (2022) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Purchase Intention pada E-grocery Segari dengan Moderasi Jenis Kelamin dan Usia. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 di Indonesia yang tercatat dari bulan Maret 2020 telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan, salah satunya keterbatasan dalam mobilitas. E-grocery kemudian bermunculan untuk menjawab permasalahan yang ada, yaitu untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari termasuk bahan mentah. Segari merupakan salah satu e-grocery yang hadir dalam masa pandemi. Demi meningkatkan sales & revenue, maka dilakukan penelitian mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi purchase intention konsumen. Model penelitian ini menggunakan modifikasi dari teori UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use), dengan meneliti pengaruh brand association, perceived ease of use, perceived usefulness, perceived price, dan perceived security terhadap purchase intention e-grocery Segari, yang dimoderasi dengan jenis kelamin dan usia. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menggunakan SEM-PLS, dan PLS-MGA untuk menganalisa pengaruh moderasinya. Temuan yang didapatkan menunjukkan bahwa brand association, perceived usefulness, dan perceived security berpengaruh positif signifikan terhadap purchase intention e-grocery Segari, sedangkan perceived ease of use dan perceived price berpengaruh positif tidak signifikan terhadap purchase intention. Jenis kelamin terbukti membedakan pengaruh brand association dan perceived security terhadap purchase intention, dimana brand association dan perceived security berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada perempuan, dan tidak signifikan terhadap laki-laki. Jenis kelamin tidak membedakan pengaruh perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived price terhadap purchase intention. Usia terbukti membedakan pengaruh perceived security terhadap purchase intention, dimana perceived security berpengaruh signifikan terhadap purchase intention pada usia yang lebih muda, dan tidak signifikan pada konsumen berusia lebih tua. Usia tidak membedakan pengaruh brand association, perceived ease of use, perceived usefulness, dan perceived price.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Purchase intention, E-grocery, Jenis Kelamin, Usia, Covid-19, Pandemi
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 09:59
Last Modified: 15 Mar 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item