Analisis Pengaruh Faktor-Faktor E-Learning Service Quality terhadap Student Perceived Value dan Student Satisfaction, dengan Implikasi terhadap Student Loyalty

Felix, Felix (2022) Analisis Pengaruh Faktor-Faktor E-Learning Service Quality terhadap Student Perceived Value dan Student Satisfaction, dengan Implikasi terhadap Student Loyalty. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (538kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (166kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pandemi COVID-19 yang terjadi telah merubah proses pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara konvensional dengan tatap muka menjadi suatu kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara online (e-learning). E-Learning yang dilakukan memiliki beberapa manfaat, tetapi juga menimbulkan beberapa tantangan yang perlu dihadapi. Survei awal telah dilakukan untuk mengetahui persepsi peserta didik mengenai e-learning dan hasilnya menunjukkan bahwa terdapat permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik dalam menjalankan e-learning, terutama terhadap student loyalty. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa terhadap hubungan antara e-learning service quality terhadap student satisfaction dan student loyalty. Penelitian ini memfokuskan terhadap pengaruh dari faktor- faktor e-learning service quality terhadap student perceived value dan student satisfaction, serta pada akhirnya dalam mempengaruhi student loyalty. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif terhadap 309 peserta didik program sarjana strata satu pada 6 universitas di Tangerang yang diambil secara judgement sampling. Analisis data dilakukan dengan SEM-PLS menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan pada variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan saran-saran yang bermanfaat bagi institusi pendidikan dan pengajar dalam meningkatkan kualitas dari e-learning. Implikasi dari penelitian ini adalah peningkatan faktor-faktor kualitas layanan e-learning akan menciptakan persepsi nilai dari peserta didik terhadap universitas, serta memunculkan rasa puas dari peserta didik akibat pengalaman yang diterima selama menjalankan proses pembelajaran e-learning, dan pada akhirnya akan meningkatkan loyalitas peserta didik terhadap universitas.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: E-Learning, Service Quality, Perceived Value, Satisfaction, Loyalty
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:00
Last Modified: 15 Mar 2023 11:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24756

Actions (login required)

View Item View Item