Putri Rumapea, Sorta Yocevina (2023) Strategi Komunikasi Persuasif Influencer Shopee Indonesia sebagai E-commerce Live Streamer. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (509kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (395kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (95kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Streamer memiliki peran penting dalam keberhasilan sebuah live streaming. Shopee sebagai salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia, menyediakan jasa influencer sebagai streamer dalam mewakili toko. Menjadi influencer yang bekerja sebagai live streamer membutuhkan kemampuan komunikasi persuasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi persuasif influencer Shopee Indonesia sebagai e-commerce live streamer. Berdasarkan konsep komunikasi persuasif Carl Hovland, penelitian ini menggambarkan realitas sosial yang diperoleh dari wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif influencer Shopee sebagai streamer dipengaruhi oleh tiga aspek, yaitu personality, isi pesan, dan teknik persuasi. Penampilan fisik menjadi penilaian utama dalam personality seorang live streamer. Isi pesan yang kerap disampaikan berupa call to action seperti testimoni dan buying encouragement. Teknik persuasi dilakukan dengan berbagai pendekatan. Pendekatan secara emosional dan logika seperti menjadi teman interaktif dan relevan dengan konsumen adalah teknik persuasi yang kerap dilakukan. Isu dari penelitian ini merupakan fenomena baru dalam konteks e- commerce di Indonesia yang diangkat dalam perspektif ilmu komunikasi. Memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sangat penting, karena tidak hanya menarik perhatian konsumen, namun juga terhadap para seller dan brand.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Live streamer, Influencer, E-commerce live streaming, Komunikasi persuasif, Shopee |
Divisions: | Faculty of Communication > Master Communication Studies |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 10:03 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 00:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24770 |
Actions (login required)
View Item |