Proses Pengambilan Keputusan Adopsi Inovasi Aplikasi Gramedia Digital

Ode Wulan Ratnaningsih, Wa (2023) Proses Pengambilan Keputusan Adopsi Inovasi Aplikasi Gramedia Digital. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (523kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Proses adopsi inovasi tidak terlepas dari proses komunikasi. Inovasi dikomunikasikan agar dapat diadopsi dan memberikan perubahan perilaku bagi konsumen. Pengadopsian inovasi melalui beberapa tahapan untuk menyampaikan pesan yang akan membawa konsumen pada pengambilan keputusan. Inovasi aplikasi Gramedia Digital diharapkan mampu diadopsi sejumlah konsumen untuk memenuhi kebutuhan akan literasi dalam bentuk digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses konsumen mengadopsi inovasi aplikasi Gramedia Digital serta perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan terhadap inovasi tersebut. Penelitian bersifat kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 17 konsumen pengguna aplikasi Gramedia Digital yang diwawancara secara terstruktur. Hasil wawancara diteliti melalui Teori Difusi Inovasi Everett M. Rogers serta sampai pada pengambilan keputusan konsumen yang melalui tiga tahapan yaitu, tahap masukkan (input), proses, dan keluaran (output). Hasilnya, konsumen memutuskan untuk menggunakan inovasi Gramedia Digital berdasarkan pada lima tahapan, yaitu awareness, interest, evaluasi, trial, dan adopsi.Tahap pengambilan keputusan, tahap adopsi inovasi dilakukan konsumen, yaitu menerima dan menggunakan produk inovasi Gramedia Digital karena memberikan kepuasan pada konsumen. Konsumen yang puas akan melakukan e-WoM positif berupa review di media sosial, pembelian berulang terhadap produk yang ditawarkan aplikasi Gramedia Digital, yaitu buku-buku digital, dan merekomendasikan produk inovasi baik buku digital yang dijual Gramedia Digital maupun aplikasi Gramedia Digital.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: difusi, adopsi inovasi, pengambilan keputusan konsumen
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:03
Last Modified: 15 Mar 2023 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24772

Actions (login required)

View Item View Item