Brand Activation Alfamart dalam Ekspansi Bisnis Ritel di Filipina

Esy Fatria, Ashri (2023) Brand Activation Alfamart dalam Ekspansi Bisnis Ritel di Filipina. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (657kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (120kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Perusahaan Alfamart di tahun 2020 berhasil menggunakan strategi komunikasi baru untuk bertahan di masa pandemi COVID-19. Celah diantara pasar convenience store dan "sari sari store" di Filipina, membuat Alfamart mengusung konsep baru dengan memasarkan brand minimarket serasa supermarket, melalui pesan yang digaungkan Alfamart "The Super Minimart, Always here for you!". Pesan tersebut bermakna "selalu disini untuk komunitas (konsumen)", karena Alfamart Filipina mengkampanyekan pesan menjangkau komunitas atau masyarakat di daerah terpencil (Barangay). Hal ini menarik untuk diteliti, karena peneliti menemukan fenomena bahwa strategi brand activation Alfamart di Filipina menggunakan konsep sense of community untuk membuat brand Alfamart dapat diterima dan dikenali oleh benak konsumen Barangay Filipina. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus deskriptif dengan wawancara informan secara online dan observasi data melalui triangulasi sumber data. Hasil penelitian berupa kutipan wawancara informan yang mendukung pembahasan teoritis tentang paparan strategi brand activation Alfamart sebagai super minimarket di Filipina yang mengusung konsep sense of community. Pemilihan strategi brand activation melalui pesan promosi yang tepat yang menyesuaikan karakter konsumen, membuat brand diingat dan bertahan lama pada komunitas.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Alfamart Filipina, aktivasi brand, global brand, sense of community
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 10:04
Last Modified: 15 Mar 2023 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24775

Actions (login required)

View Item View Item