Peran Environment Designer dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat Berjudul Teduhnya Bukit Kelam di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra.

Gabriel, Amanda (2023) Peran Environment Designer dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat Berjudul Teduhnya Bukit Kelam di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (996kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya dan sastra yang berlimpah, terutama dalam cerita rakyat. Namun seiring berkembangnya zaman, karya sastra yang ada semakin kurang diminati oleh kaum muda terutama di era digital saat ini. Oleh karena itu, karya sastra direvitalisasi melalui animasi sehingga inti cerita dapat dipahami dengan mudah dan diterima oleh masyarakat daripada disampaikan secara lisan/tertulis. Penulis diberi kesempatan untuk berperan dalam program magang di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra sebagai Environment Designer untuk pembuatan animasi cerita rakyat yang berjudul "Teduhnya Bukit Kelam". Dalam program magang ini, penulis dapat mempelajari proses pembuatan animasi secara teknis seperti membuat color script, membuat konsep awal Bukit Kelam, membuat production bible, dsb. Selain teknis, penulis juga belajar untuk mengerjakan proyek tepat waktu, membangun relasi dan berkolaborasi sesama tim. Dalam melakukan proyek magang ini, penulis mengalami beberapa kendala. Namun dengan adanya kendala, penulis dapat belajar untuk mencari solusi serta mengembangkan ide kreatif dan inovatif dalam menghadapi masalah.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Environment Designer, Animasi, Cerita Rakyat, Teduhnya Bukit Kelam, Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra.
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 14:00
Last Modified: 11 Sep 2023 01:32
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24805

Actions (login required)

View Item View Item