Peran 2D Asset Creator dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat Berjudul "Teduhnya Bukit Kelam" di Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra

Soegirman, Leonardo (2023) Peran 2D Asset Creator dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat Berjudul "Teduhnya Bukit Kelam" di Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Dalam dunia perfilman, film dibagi menjadi tiga jenis, yaitu film live action, film animasi, dan film hybrid (gabungan antara live action dengan animasi). Film animasi pada masa kini sangat terkenal di dunia dan terus berkembang seiring dengan adanya kemajuan teknologi. Cerita dalam film animasi terkadang diadaptasi dari cerita yang aslinya ataupun cerita yang bersifat original. Film animasi di Indonesia baik itu film pendek maupun film panjang masih tergolong cukup rendah di mana Indonesia memiliki cerita rakyat atau legenda yang sangat banyak. Penulis di sini mengikuti program magang sebagai salah satu syarat kelulusan setiap mahasiswa dan penulis bekerja sebagai 2D Asset Creator di PusatPengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra (Pusbanglin). Program magang ini dilakukan secara berkelompok dan penulis melakukan pembuatan filmanimasi pendek yang berjudul "Teduhnya Bukit Kelam". Film animasi ini diadaptasi dari cerita rakyat Bukit Kelam yang berasal dari Kalimantan Barat. Proyek magang ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan cerita-cerita rakyat Indonesia yang kurang diketahui oleh masyarakat Indonesia dalam bentuk film animasi dan juga melatih penulis untuk bekerja sama dalam sebuah kelompok.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: 2D Asset Creator, Animasi, Cerita Rakyat, Pusat Pengembangan dan Perlindungan Bahasa dan Sastra, Teduhnya Bukit Kelam 7 Peran 2D Asset, Leonardo Soegirman, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 16:29
Last Modified: 11 Oct 2023 01:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24858

Actions (login required)

View Item View Item