Peran Color Script Artist dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat berjudul "Tak Ada Ikan di Igi" di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra

Trifosa Thio, Carol (2023) Peran Color Script Artist dalam Proyek Animasi Cerita Rakyat berjudul "Tak Ada Ikan di Igi" di Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra yang bekerja sama dengan AINAKI, menyelenggarakan sebuah proyek pemodernan sastra dalam bentuk produksi beberapa animasi pendek berdasarkan cerita rakyat dari berbagai budaya di Indonesia. Dalam setiap animasi pendek terdiri dari tim dari berbagai SMK dan Universitas sesuai seleksi yang telah dilakukan. Masing-masing tim dibagikan menjadi gabungan antara satu Universitas dan satu SMK, lalu dibagikan sesuai pilihan cerita rakyat dari pihak Pusbanglin. Berdasarkan tim yang sudah dibagi, tim dari Universitas dan SMK memiliki tugas yang beda. Tim Universitas termasuk penulis, bekerja dalam bidang praproduksi yang membuat konsep awal untuk produksi animasi nanti. Penulis ditujukan menjadi Color Script Artist untuk animasi berjudul "Tak Ada Ikan di Igi" yang bertugas membuat sebanyak 12 shot sesuai storyboard untuk membuat shot render yang berbeda warna, mood, dan suasana sehingga bisa menjadi gambaran untuk hasil render produksi animasi. Shot yang dipilih harus memiliki warna yang berbeda berdasarkan perubahan waktu, dan shot tersebut diminta persetujuan Lead Animator sampai bisa dimasukkan ke Pitch Bible "Tak Ada Ikan di Igi". Dalam kata lain, peran penulis sebagai Color Script Artist bisa berdampak bagi konsisten dan efisiensi produksi animasi dalam menghasilkan animasi dengan kualitas yang memuaskan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra, proyek permodernan sastra, animasi, cerita rakyat, color script artist
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 777 Cinematography (Incl. Animation Film / Movie; Animated cartoons)
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Mar 2023 17:00
Last Modified: 17 Oct 2023 00:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/24865

Actions (login required)

View Item View Item