Perancangan Animasi Tokoh Piku pada Animasi Pendek "Topiku"

Gracia Wiguna, Carina (2023) Perancangan Animasi Tokoh Piku pada Animasi Pendek "Topiku". MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Film adalah media komunikasi audio visual yang berguna untuk menyampaikan pesan. Dalam sebuah cerita, tokoh memiliki peran yang besar, yaitu untuk menyampaikan suatu pesan yang ingin ditunjukan dalam sebuah cerita. Agar sebuah tokoh dapat membantu menyampaikan pesan dalam suatu animasi dengan baik, dibutuhkan akurasi terhadap gestur dan ekspresi tokoh. Pada animasi pendek yang berjudul Topiku, penulis berperan sebagai animator. Topiku adalah animasi pendek tanpa dialog yang dibuat dengan metode animasi 2D frame-by-frame. Pada project tersebut penulis akan membahas perancangan animasi tokoh yang bernama Piku. Perancangan animasi tokoh harus berpedoman pada teori bahasa tubuh oleh Roberts dan teori ekspresi wajah oleh McCloud. Namun, penggunaan video referensi dan akting juga perlu dilakukan agar dapat membantu menganimasikan gerakan dan ekspresi tokoh dengan lebih akurat dan realistis. Dalam pembuatan animasinya, perlu diterapkan beberapa prinsip dari 12 prinsip animasi oleh Thomas dan Johnston, yaitu staging, exaggeration, squash and stretch, dan timing. Teori Graber mengenai penerapan Hukum I Newton pada animasi juga diperlukan untuk mengetahui penempatan squash and stretch yang tepat. Untuk menganimasikan tokoh Piku, penulis harus mempelajari dan menerapkan teori-teori yang ada agar dapat menghasilkan pergerakan tokoh dan emosi yang terbaca baik.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Animasi 2D, bahasa tubuh, ekspresi wajah, perancangan animasi
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 16 Mar 2023 21:29
Last Modified: 12 Sep 2023 23:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item