Widjono, Rani Aryani and Geraldine, Shania (2022) Modifying Physical Interaction in Virtual Exhibition. Idealogy Journal of Arts and Social Science, 7 (2). pp. 59-67. ISSN 2550-214X
|
Text
Modifikasi Interaksi Fisik dalam Pameran Virtual.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pergeseran medium fisik ke medium digital semakin tidak dapat dihindari sejak pandemi Covid-19 merebak sejak awal tahun 2020. Namun ada atau tanpa adanya pandemi ini, perubahan medium ini memang tidak dapat dihindari. Pameran seni secara virtual mulai umum diterapkan diberbagai kesempatan demi keberlangsungan ekosisten seni di Indonesia. Keberadaan pameran virtual bukan untuk menggantikan pameran konvensional namun sebagai alternatif pendekatan yang dapat dilakukan oleh penggiat seni. Keresahan mengenai pameran virtual terjadi karena keterbatasan pameran virtual dalam menciptakan hubungan emosional dengan berbagai pihak yang terlibat. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini akan membahas mengenai upaya penerapan gamification design yang mereplikasi interaksi fisik yang umum terjadi pada sebuah pameran. Tujuan penerapan gamification design adalah untuk memaksimalkan pengalaman pengguna (UX) saat ngunjungi pameran secara virtual sehingga nilai pengalaman dari virtual exhibiton dapat meningkat. Luaran penelitian ini adalah berupa konsep gamification dalam pameran virtual.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Virtual Exhibition, Gamification, User Experience, Human Centered Design, Interaction |
Subjects: | 600 Technology (Applied Sciences) > 600 Technology > 607 Education, Research, Related Topics |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 08:33 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 08:33 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25237 |
Actions (login required)
View Item |