The Influence of Usability, Attractiveness, Innovativeness, and Company Image to Job Pursuit Intention on Online Job Portals

Alizah, Novica (2023) The Influence of Usability, Attractiveness, Innovativeness, and Company Image to Job Pursuit Intention on Online Job Portals. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (443kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (765kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Job Portal adalah website atau platform yang menyediakan berbagai macam lowongan pekerjaan. Fungsi dari job portal ini yaitu menghubungkan antara pencari kerja dengan perekrut. Rekrutmen berbasis online ini sudah merajalela di Indonesia maupun dunia. Di Indonesia terdapat banyak job portal yang telah digunakan oleh pencari kerja dan perusahaan. Pada penelitian ini penulis hanya akan membahas empat job portal yakni LinkedIn, Jobstreet, Glints, dan Indeed. Peneliti menemukan masalah terkait kurangnya pelamar yang sesuai dengan target dan tidak memenuhi ekspektasi perusahaan yang dipengaruhi oleh usability, attractiveness, innovativeness dan company image. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh usability, attractiveness, innovativeness dan company image terhadap job pursuit intention pada Online Job Portal. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah penghakiman serta bola salju dengan jumlah responden sebanyak 150. Data yang telah didapat, diolah menggunakan software spss versi 27. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara usability, attractiveness, innovativeness dan company image terhadap job pursuit intention pada Online Job Portal. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka diharapkan agar Job Portal dapat memperhatikan usability, attractiveness, innovativeness dan company image sehingga dapat meningkatkan ketertarikan dan niat pelamar untuk melamar.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: usability, attractiveness, innovativeness, company image, job pursuit intention
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management and Public Relations > 658 General management (Risk Management, Profit and Loss, Logistics) > 658.3 Personnel, Staff, Employee, Human Resource Management, Training > 658.306 Job Analysis
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 10 Apr 2023 09:55
Last Modified: 02 Jun 2023 02:38
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25241

Actions (login required)

View Item View Item