Perancangan Buku Pop-up Sejarah Jalur Perdagangan Rempah Indonesia

Rafiendra Akbar, Muhammad (2023) Perancangan Buku Pop-up Sejarah Jalur Perdagangan Rempah Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (870kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Sejak dulu Indonesia menjadi pusat penghasil rempah-rempah. Bangsa-bangsa asing datang ke Indonesia untuk mendapatkan rempah langsung dari sumbernya. Motivasi perdagangan ini menjadi awal dari terbentuknya jalur rempah. Berbagai interaksi dilakukan saat berdagang rempah, menjadikan jalur rempah bukan hanya sekedar jalur maritim, tetapi juga jalur budaya. Budaya-budaya Indonesia sekarang merupakan hasil penyatuan budaya-budaya asing dengan penduduk Nusantara pada masa itu. Sampai sekarang rempah masih memiliki peran dalam berbagai bidang kehidupan. Besarnya peran rempah membuat pemerintah Indonesia mengajukan jalur rempah sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. Guna mendukung hal tersebut, pembelajaran mengenai jalur rempah akan dimulai pada remaja SMA/SMK/MA hingga S1. Kumoratih (2022) menyatakan bahwa pemahaman mengenai jalur rempah tidak perlu dalam-dalam, masyarakat cukup mengetahui narasi besarnya saja. Sayangnya hanya sedikit media informasi yang membicarakan jalur rempah, pada umumnya topik ini hanya tersirat dalam topik lain seperti sejarah kerajaan Indonesia. Penulis menawarkan solusi berupa media informasi berbentuk buku pop-up yang merangkum mengenai narasi jalur rempah. Penulis menggunakan metode The Big6 oleh Mike Eisenberg dan Bob Berkowitz dalam melakukan perancangan. Metode ini dikenal cocok untuk masalah-masalah yang berhubungan dengan edukasi dan informasi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Jalur Rempah, Rempah, Indonesia, Nusantara, Buku Pop-up
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Apr 2023 09:55
Last Modified: 09 Oct 2023 01:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25249

Actions (login required)

View Item View Item