Kritik Sosial melalui Relasi Kuasa: Konvensi Karakter dalam Subgenre Film Perampokan pada Film Mencuri Raden Saleh (2022)

Ayurianti, Rininta (2023) Kritik Sosial melalui Relasi Kuasa: Konvensi Karakter dalam Subgenre Film Perampokan pada Film Mencuri Raden Saleh (2022). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (139kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kajian genre, kritikus film menempuh diskursus panjang mengenai variabel penentu yang konsisten. Heist film menjadi salah satu genre yang juga mengalami perdebatan akibat begitu banyaknya variasi yang muncul dari keleluasaan konvensi genrenya. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur umum heist film yang terletak cenderung bukan pada estetika, melainkan pada unsur-unsur implisit seperti tema dan naratif. Film Mencuri Raden Saleh (2022) penulis ajukan sebagai objek untuk penelitian ini karena mencerminkan kesamaan pola dengan banyak film dalam subgenre heist film. Selain itu, film ini juga memasarkan dirinya sebagai film aksi perampokan. Hal ini mendorong penulis untuk mencari tahu tentang bagaimana keterkaitan karakter film Mencuri Raden Saleh (2022) dengan konvensi subgenre heist film. Guna menjawab rumusan permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan studi pustaka, di mana beberapa sumber yang membahas mengenai konvensi subgenre heist film digunakan sebagai teori pendukung. Melalui perbandingan konvensi heist film dengan karakter film Mencuri Raden Saleh, dapat disimpulkan bahwa karakter dalam film Mencuri Raden Saleh memiliki keterkaitan dengan konvensi subgenre heist film, khususnya dalam aspek peran dan motivasi karakter. Kedua aspek ini menjadi instrumen akan kritik sosial yang umumnya terkandung dalam heist film, yaitu perlawanan kelas dan relasi kuasa.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: heist film, subgenre, konvensi, karakter, film kejahatan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 14 Jun 2023 09:50
Last Modified: 29 Aug 2023 00:33
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item