Penerapan Konsep Multi Protagonis dan Dampaknya terhadap Perkembangan Karakter pada Naskah Film Panjang Memoria

Benedict Chendra, Nicholas (2023) Penerapan Konsep Multi Protagonis dan Dampaknya terhadap Perkembangan Karakter pada Naskah Film Panjang Memoria. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (159kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan sebagai syarat dalam menyelesaikan Pendidikan S1 Prodi Film di Universitas Multimedia Nusantara. Penelitian untuk skripsi ini merujuk pada naskah film panjang karya penulis yang berjudul Memoria. Film memberikan maknadan nilai kehidupan kepada setiap penonton lewat narasi yang dibawakannya. Salahsatu elemen terpenting dalam narasi tersebut adalah karakter. Dengan berkembangnya ilmu dalam penulisan naskah, ada satu konsep yang berhubungan dengan karakter sebuah film yang merubah perspektif audiens terhadap perfilman, yaitu konsep multiprotagonis dan pengaruhnya terhadap perkembangan karakter. Penelitian yang dilaksanakan mengenai konsep ini, menggunakan metode kualitatif dengan melaksanakan studi literatur dari berbagai sumber seperti buku, maupun online website. Selain itu, penulis juga melaksanakan obervasi dari proyek film panjang yang sedang dikerjakan bersama, yang juga mengusung cerita multiprotagonis. Konsep ini memungkinkan para penulis naskah untuk merangkai cerita yang lebih dinamis dan berwarna, ketimbang dengan narasi protagonis tunggal. Hal yang perlu diingat ketika ingin menggunakan konsep multi protagonis, yaitu pesan apa yang ingin dibawakan dengan adanya dua atau lebih protagonis dalam sebuah cerita, ketika perkembangan karakter atau character arc sudah mencapai titik akhir. Sehingga, penggunaan dari konsep ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan statement secara efektif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Memoria, naskah, multiprotagonis, karakter
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie
Divisions: Faculty of Art & Design > Film & Animation
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 15 Jun 2023 09:48
Last Modified: 25 Aug 2023 06:15
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25344

Actions (login required)

View Item View Item