Sinsoe, Natasha Rosalynn (2015) Representasi propaganda putih dalam film "der fuhrer's face" karya walt disney studios tahun 1942(analisis semiotika film chirstian metz). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
Text
HALAMAN FINAL.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (894kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (793kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (927kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (26MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (760kB) | Preview |
Abstract
Sebagai salah satu peristiwa yang monumental dalam sejarah, Perang Dunia Kedua antara blok Poros dan Sekutu tidak bisa dipisahkan dari hal yang disebut sebagai propaganda. Berbagai macam usaha penyebaran propaganda dilakukan oleh kedua aliansi militer untuk mendapatkan dukungan publik, yakni dengan menaikkan emosi dan mempersempit pikiran serta untuk memastikan bahwa emosi publik mendominasi diskusi publik. Salah satu bentuk propaganda yang dilakukan pihak Sekutu (Amerika Serikat) terhadap blok Poros (Jerman) adalah pembuatan film kartun Der Führer’ Face yang meraih penghargaan 15th Academy Awards for Best Animated Short Film pada tahun 1943. Film kartun Der Führer’s Face—yang dirilis 73 tahun silam—masih layak untuk diteliti karena meskipun ia adalah film era Perang Dunia Kedua, namun apabila dikaitkan dengan konsep kekinian, film ini masih dapat ditonton melalui website Youtube sehingga kemungkinan orang-orang untuk menonton film ini masih ada. Selain itu, film kartun yang biasanya ditonton oleh anak-anak kali ini dipakai untuk menyiarkan pesan propaganda di mana penanaman ide propaganda ini tentu akan jauh lebih mudah jika ditargetkan kepada anak-anak ketimbang orang dewasa. Maka dari itu, peneliti ingin mengupas pesan-pesan propaganda yang ingin disampaikan oleh film ini untuk menunjukkan bagaimana propaganda digambarkan dan dengan menggunakan teknik propaganda yang mana melalui analisis semiotika film Christian Metz. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode analisis isi kualitatif yang bersifat deskriptif. Unit analisis yang digunakan adalah film Der Führer’s Face dengan analisa tanda-tanda verbal dan nonverbal melalui autonomous shot, parallel syntagma, bracket syntagma, descriptive syntagma, alternate syntagma, scene, episodic sequence, dan ordinary sequence sebagai bagian dari Large Syntagmatic Category of the Image Track dari Christian Metz. Representasi propaganda putih ditampilkan baik secara terus terang maupun melalui majas ironi dan sarkasme melalui 5 dari 7 teknik propaganda (cardstacking, testimonial, name calling, bandwagon, dan glittering generalities). Selain itu analisis sintagmatik image track di dalam film ini memiliki hasil 29 segmen terpisah namun tidak semua tipe sintagma ada (hanya 6 saja dari 8 tipe).
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.23 Media of Communication, Mass Media 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Art, Film, Video > 770 Photography, Computer Art, Cinematography, Videography, Film, Movie |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 03 Jul 2017 08:02 |
Last Modified: | 31 May 2022 03:48 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/254 |
Actions (login required)
View Item |