Disonansi Kognitif dalam Kehidupan Fanboy K-pop di Indonesia

Nathalie Fedora Parandaya, Felicia (2023) Disonansi Kognitif dalam Kehidupan Fanboy K-pop di Indonesia. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat membuat budaya Korea Selatan masuk ke Indonesia secara masif. Fanboy merupakan salah satu bentuk pengaruh dari budaya Korea Selatan yang masuk ke Indonesia melalui musik dan drama. Budaya Indonesia yang kental dengan budaya Timur dan Patriarki kini semakin dipengaruhi oleh budaya Korea Selatan terutama melalui media massa lokal yang saat ini dikuasai oleh hal-hal yang berbau Korea Selatan mulai dari produk kosmetik lokal hingga layanan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana para fanboy yang menyukai budaya Korea terutama boygroup K-Pop mengurangi disonansi kognitif dalam kehidupan sosial di Indonesia. Jenis penelitian ini yaitu Kualitatif yang bersifat Deskriptif dan menggunakan metode Studi Kasus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teori Disonansi Kognitif dari teori Intrapersonal. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam/ In-depth interview terhadap lima narasumber dengan satu narasumber ahli dan studi kepustakaan dengan keabsahan data menggunakan Construct Validity, serta teknik analisis data dilakukan dengan Pattern Matching. Hasil penelitian didapatkan bahwa disonansi terjadi dikarenakan berbagai macam faktor namun disonansi sebagian besar terjadi karena kurangnya toleransi dan saling mengerti satu sama lain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fanboy, K-Pop, Boygroup, Disonansi Kognitif, Budaya Korea Selatan
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:49
Last Modified: 19 Jun 2023 10:49
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25413

Actions (login required)

View Item View Item