Manajemen Privasi Komunikasi Micro Influencer Generasi Z pada Fitur Pesan Anonim NGL Link di Instagram

Mutiara Cipta, Dessy (2023) Manajemen Privasi Komunikasi Micro Influencer Generasi Z pada Fitur Pesan Anonim NGL Link di Instagram. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (756kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berdasarkan dengan dokumentasi dari New York Times, sebagian besar pengguna fitur anonim NGL Link mendapatkan pertanyaan anonim yang mengarah pada pertanyaan personal hingga ancaman komentar negatif. Dari penelitian Hollenbaugh (2019), terdapat faktor motivasi manajemen privasi dari pengguna media sosial terkait fenomena fitur media sosial yang perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian ini menyelidiki motivasi dan manajemen privasi komunikasi micro influencer pada fenomena pengungkapan informasi pribadi generasi Z di media sosial khususnya di Instagram dengan berlandaskan pada teori Manajemen Privasi Komunikasi dari Sandra Petronio. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dari Robert K. Yin dengan empat informan micro influencer dalam menganalisis fenomena pengungkapan informasi pribadi melalui fitur anonim. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara bersama empat informan yang merupakan micro-influencer serta dokumentasi penggunaan fitur NGL Link. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa para informan yang merupakan micro influencer melakukan manajemen privasi komunikasi dengan melakukan filtering pertanyaan-pertanyaan anonim dari fitur NGL Link. Selain itu, terdapat ilusi kedekatan yang dirasakan micro influencer bersama followers. Micro influencer juga membentuk citra positif dengan menjawab pertanyaan anonim di fitur NGL Link. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa budaya kolektif dapat menjadi salah satu faktor para informan melakukan manajemen privasi komunikasi tertutup serta terdapatnya motivasi untuk menghindari adanya ujaran kebencian serta komentar negatif dari followers di Instagram. Penelitian selanjutnya dapat meneliti lebih dalam penerapan peraturan manajemen privasi satu mengenai faktor motivasi dan budaya pada informan yang memiliki perbedaan budaya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Manajemen privasi komunikasi, anonimitas, informasi pribadi, NGL Link, micro-influencer, Instagram
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:49
Last Modified: 19 Jun 2023 10:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25417

Actions (login required)

View Item View Item