Rancang Bangun Antarmuka Sistem Kantin menggunakan Metode Expert Validation

Khouwira, Filbert (2023) Rancang Bangun Antarmuka Sistem Kantin menggunakan Metode Expert Validation. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tampilan antarmuka merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan. Tampilan antar muka yang baik akan meningkatkan berbagai nilai aspek UI/UX seperti informasi yang disampaikan sistem dapat ditangkap dengan baik dan penggunaan sistem dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Kantin merupakan tempat dimana biasanya orang-orang beristirahat saat atau sebelum menjalankan suatu aktifitas. Namun dikarenakan kantin memiliki banyak kelebihan yang menarik banyak minat dari customer, terjadi antrian yang menyebabkan proses dari pemesanan menjadi terhambat. Berdasarkan kuisoner yang disebarkan kepada mahasiswa, menunjukan bahwa sebagian responden mengatakan bahwa sering mengalami antrian sehingga diperlukannya sistem pemesanan pada kantin yang perancangan antarmuka pada aspek UI/UX yang diperhatikan. Dalam perancangan antarmuka, diperlukan suatu landasan. Expert Validation merupakan metode yang digunakan untuk memperoleh data yang diinginkan dari seorang expert, sebagai landasan dalam membangun sistem ataupun sebagai evaluator dalam memberikan masukan. Perancangan diawali dengan wawancara dengan expert sebagai landasan, dan hasil prototype dilakukan validasi oleh dua orang expert yang nanti akan jadi bahan perbaikan. Hasil implementasi dilakukan testing menggunakan metode testing UEQ dan nilai rata-rata dari aspek Attractiveness adalah 2,073, Perspicuity 2,000, Efficiency 2.016, Dependability 1,812, Stimulation 1,789, dan Novelty 1,789, kemudian dikategorikan "excellent" sesuai nilai pada UEQ.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Expert Validation, Kantin, UI/UX, User Experience Questionnaire, Website
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.4 System Programming, Operating System, Computer Interface
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jun 2023 09:48
Last Modified: 16 Aug 2023 02:01
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25473

Actions (login required)

View Item View Item