Faktor - Faktor yang Memengaruhi Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa di Bali

Christian Wijaya, Enrico (2023) Faktor - Faktor yang Memengaruhi Entrepreneurial Intention pada Mahasiswa di Bali. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)

Abstract

Dengan jumlah penduduk Indonesia yang termasuk keempat terbesar didunia membuat sumber daya manusia yang tersedia sangatlah berlimpah untuk memajukan perekonomian Indonesia. Akan tetapi pada realita dilapangan menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia lebih memilih untuk bekerja sebagai karyawan baik kepada perusahaan nasional maupun asing ketimbang untuk terjun ke dunia kewirausahaan. Indonesia sendiri memiliki tingkat kewirausahan yang mengkhawatirkan yakni sekitar 3.47% dengan peringkat 75 didunia. Padahal dengan sumber daya manusia yang memadai memiliki potensi yang mumpuni dalam rangka untuk memajukan perekonomian Indonesia dengan menjadi seorang wirausaha. Pulau Bali merupakan salah satu kontributor utama akan perekonomian Indonesia, namun mayoritas kegiatan wirausaha yang dilakukan disana merupakan sektor pariwisata. Perlunya intensi lebih oleh calon wirausaha kedepannya yang mampu melihat potensi industri lainnya untuk dijadikan bisnis, guna bisa menyelaraskan diversifikasi industri di Bali secara merata. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti faktor-faktor yang mampu meningkatkan entrepreneurial intention, terutama bagi calon wirausahawan dimasa depan seperti mahasiswa di daerah Bali, dengan harapan bahwa mereka mampu menjadi wirausahawan setelah menamatkan studi terkait. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dan secara deskriptif dengan melakukan penyebaran Google Form secara daring kepada mahasiswa aktif S1 yang berdomisili di Bali, sudah pernah mendapatkan mata kuliah entrepreneurship dan belum pernah memiliki pengalaman berbisnis sebelumnya. Seluruh pengolahan dan pengujian data dilakukan dengan software IBM SPSS versi 26. Didapati dari keseluruhan penelitian ini jika adanya pengaruh positif dari entrepreneurial capacity, social norms, attitude entrepreneurship dan entrepreneurship education terhadap entrepreneurial intention.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: entrepreneurial capacity, social norms, attitude entrepreneurship, entrepreneurship education, entrepreneurial intention, kewirausahaan.
Subjects: 300 Social Sciences > 330 Economics > 338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production) > 338.04 Entrepreneurship
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 28 Jun 2023 09:47
Last Modified: 30 Jun 2023 03:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25505

Actions (login required)

View Item View Item