Perancangan Kampanye Membangun Pandangan Tidak Diskriminatif terhadap Orang dengan HIV

Dania, Dania (2023) Perancangan Kampanye Membangun Pandangan Tidak Diskriminatif terhadap Orang dengan HIV. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HIV atau Human Immunodeficiency Virus merupakan virus yang menular melalui kontak seksual, kontak darah, dan dari ibu ke anak. Virus HIV menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Apabila tidak ditangani, virus HIV dapat terus menyerang hingga menjadi stadium akhir yang disebut AIDS atau Acquired Immunodeficiency Syndrome, yaitu kumpulan gejala atau penyakit yang menyerang tubuh akibat virus HIV yang dibiarkan. Menurut para ahli, stigma negatif pada orang dengan HIV menjadi kendala terbesar dalam pencegahan penularan HIV karena membuat orang--orang yang berisiko terinfeksi HIV ragu untuk melakukan tes dan menjalani pengobatan ARV. Selain itu, stigma juga menyebabkan pembicaraan mengenai HIV menjadi tabu, sehingga ditambah dengan mitos dan misinformasi yang beredar soal penularan HIV, banyak orang yang tidak paham soal penularan HIV. Stigma juga menyebabkan timbulnya perilaku diskriminatif terhadap orang dengan HIV, yaitu memperlakukan orang dengan HIV secara berbeda dari memperlakukan orang lain. Saat ini, angka infeksi HIV tertinggi berada di kelompok usia remaja usia 15--19 tahun. Upaya edukasi melalui pemberian informasi sudah sering dilakukan oleh lembaga-lembaga di Indonesia. Akan tetapi, diskriminasi masih ada sampai sekarang. Oleh karena itu, dibutuhkan solusi berupa perancangan kampanye untuk mengajak remaja berusia 15--19 tahun untuk membangun pandangan yang tidak diskriminatif terhadap Orag dengan HIV. Pada perancangan tugas akhir ini, metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif yaitu wawancara, focus group discussion, dan penyebaran kuesioner daring.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: HIV, Stigma, Kampanye Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 305 Groups of People (Incl. social identity, Discrimination, Gender Equality, Social Status)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:46
Last Modified: 01 Sep 2023 00:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25546

Actions (login required)

View Item View Item