Implementasi Metode TOPSIS dan SMART terhadap Program Posyandu Daerah Tangerang Selatan

Maximus Zapatista Rumagit, Jason (2023) Implementasi Metode TOPSIS dan SMART terhadap Program Posyandu Daerah Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (578kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (633kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengimplementasikan sistem pendukung keputusan (Decision Support System) dengan metode Technique for Order Preference by Similarity to Solution (TOPSIS) dan Simple Multi-Attribute Rating Technique (SMART) pada Posyandu di daerah Tangerang Selatan. Posyandu sendiri merupakan unit pelayanan kesehatan masyarakat di Indonesia yang disediakan oleh pemerintah setempat untuk ibu dan anak. Sistem DSS ini menggunakan metode TOPSIS untuk menggunakan fitur ranking dan memilih alternatif terbaik berdasarkan kritera yang sudah di sepakati dengan posyandu setempat. Metode ini mengukur jarak pada setiap alternatif dengan solusi ideal positif dan solusi ideal negatif, lalu ada penghitungan nilai preferensi relative yang dapat menentukan ranking. Selain itu metode SMART digunakan untk pemberian bobot pada setiap kriteria yang sudah ditentukan. Bobot ini akan memberikan kontribusi dalam penghitungan nilai akhir untuk alternatif. Kesimpulan dari implementasi DSS dengan metode TOPSIS dan SMART pada Posyandu di daerah Tangerang Selatan ini memberikan manfaat yang signifikan dalam membantu pengambilan keputusan berdasarkan hasil ranking yang maksimal berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Dengan demikian, diharapkan hasil dari penelitian ini akan adanya peningkatan kualitas pelayanan Posyandu yang lebih baik dan mendukung serta kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Decision Support System, SMART, TOPSIS
Subjects: 300 Social Sciences > 360 Social problems and social services > 362 Social problems of and services to groups of people (Incl. Hospital Management)
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:49
Last Modified: 03 Aug 2023 05:07
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25564

Actions (login required)

View Item View Item