Rancang Bangun Diagnosa Gangguan Tidur Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Martin, Hernando (2023) Rancang Bangun Diagnosa Gangguan Tidur Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (592kB)

Abstract

Kebutuhan hidup memaksa orang untuk bekerja untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Waktu yang digunakan untuk bekerja membutuhkan istirahat untuk memulihkan kondisi fisiknya. Jumlah dan kualitas tidur yang dibutuhkan setiap tubuh bergantung pada gaya hidup masing-masing individu dan untuk mencegah penurunan kesehatan maka dibutuhkan energi yang cukup dengan pola tidur yang sesuai. Di Indonesia sendiri pravelensi penderita insomnia mencapai 10% yang berarti dari total 238 juta penduduk Indonesia diperkirakan 23 juta jiwa diantaranya mengalami gangguan tidur yaitu insomnia. Permasalahan yang terjadi adalah kurangnya informasi publik tentang gangguan tidur yang dialami, membuat mereka yang terkena dampak tidak menyadari gejala apa yang mereka alami dan sejauh mana efek penyakit tersebut telah berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan membuat sistem pakar untuk dapat melakukan diagnosa gangguan tidur. Metode yang digunakan dalam sistem adalah forward chaining dikarenakan metode ini dapat mengumpulkan gejala yang dialami oleh pengguna berdasarkan fakta yang telah diperoleh. Selanjutnya data tersebut akan diolah untuk mendapat kesimpulan berdasarkan aturan yang dibuat oleh seorang pakar. Pengujian keakuratan sistem bersama pakar menunjukkan kesesuaian antara hasil pakar dan hasil sistem. Pengukuran tingkat kepuasan dilakukan menggunakan metode End User Computing Satification didapatkan hasil persentase sebesar 87.97%, maka dapat disimpulkan bahwa pengguna sangat puas dengan sistem yang dibuat untuk melakukan diagnosa gangguan tidur.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: End User Computing Satisfaction, Forward Chaining, Gangguan Tidur, Insomnia, Sistem Pakar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.6 Internet, Cloud Computing, Website, LAN, Email
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 03 Jul 2023 09:53
Last Modified: 18 Aug 2023 06:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item