Rancang Bangun Gim 2D KnightVania Menggunakan Behavior Tree

Liyanto, Christian (2023) Rancang Bangun Gim 2D KnightVania Menggunakan Behavior Tree. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)

Abstract

Gim merupakan media hiburan yang ditampilkan di layar menggunakan gambar visual untuk dapat melakukan interaksi terhadap pemain menggunakan perangkat keras. Bagian penting dari gim adalah Non-Playable Character (NPC). NPC adalah karakter yang langsung dikendalikan oleh algoritma tertentu untuk melakukan aksi decision making. Algoritma behavior tree digunakan sebagai solusi untuk menyelesaikan masalah decision making karena algoritma behavior tree lebih responsif dan modular. Penelitian ini dirancang berdasarkan elemen-elemen penting pada perancangan gim dan menggunakan algoritma behavior tree sebagai algoritma yang mengendalikan decision making dari NPC. Hasil survei berdasarkan prinsip Game User Experience Satisfaction Scale 18 (GUESS-18) digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pemain terhadap gim 2D KnightVania menggunakan algoritma behavior tree. Gim 2D KnightVania diuji menggunakan black box testing dengan hasil pengujian yang didapatkan sesuai dengan yang diharapkan dari perancangan gim. Tingkat kepuasan pemain terhadap gim 2D KnightVania dinilai baik dengan rata-rata total sebesar 5,510 dari skala 7 poin.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Behavior Tree, Decision Making, Gim, GUESS-18, Non-Playable Character
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:46
Last Modified: 23 Aug 2023 06:57
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item