Perancangan Interaktif Storytelling Mengenai Mob Mentality dalam Media Sosial untuk Dewasa Awal

Lee, Filbert (2023) Perancangan Interaktif Storytelling Mengenai Mob Mentality dalam Media Sosial untuk Dewasa Awal. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (876kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Mob mentality adalah sebuah mentalitas yang mendorong seseroang untuk mengikuti kelompok massa tanpa bertanya apakah perilaku tersebut benar atau tidak. Di jaman sekarang, hal tersebut sering terjadi di dunia maya, dimana informasi yang belum tentu benar bisa mendorong gerakan netizen untuk menargetkan individu atau kelompok tertentu hingga mencelakakan karir atau bahkan nyawa mereka. Gerakan tersebut dikenal dengan nama cancel culture. Padahal, dampak dari mob mentality tersebut dapat dikurangi bila pengguna internet bersedia untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Namun, karena dampak yang cenderung satu arah, sering kali pengguna internet tidak merasakan konsekuensi dari apa yang mereka lakukan dan kemudian mengulangi perilaku tersebut. Maka dari itu, diperlukan perancangan sebuah media interaktif agar dapat menunjukkan dampak dari mob mentality, berdasarkan metode perancanganan oleh Julia Griffrey dalam bukunya berjudul Introduction to Interactive Digital Media: Concept and Practice. Penulis berharap dengan perancangan ini, pengguna internet dapat lebih bersimpati dan memilki moral ketika bersosialisasi di dalam media sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Mob mentality, internet, media sosial, konsekuensi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 006 Special Computer Methods > 006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media, Web Application Frameworks
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:51
Last Modified: 02 Oct 2023 00:39
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25647

Actions (login required)

View Item View Item