⭐ Lee, Filbert (2023) Perancangan Interaktif Storytelling Mengenai Mob Mentality dalam Media Sosial untuk Dewasa Awal. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (876kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Mob mentality adalah sebuah mentalitas yang mendorong seseroang untuk mengikuti kelompok massa tanpa bertanya apakah perilaku tersebut benar atau tidak. Di jaman sekarang, hal tersebut sering terjadi di dunia maya, dimana informasi yang belum tentu benar bisa mendorong gerakan netizen untuk menargetkan individu atau kelompok tertentu hingga mencelakakan karir atau bahkan nyawa mereka. Gerakan tersebut dikenal dengan nama cancel culture. Padahal, dampak dari mob mentality tersebut dapat dikurangi bila pengguna internet bersedia untuk meluangkan waktu sedikit saja untuk mengecek kebenaran informasi tersebut. Namun, karena dampak yang cenderung satu arah, sering kali pengguna internet tidak merasakan konsekuensi dari apa yang mereka lakukan dan kemudian mengulangi perilaku tersebut. Maka dari itu, diperlukan perancangan sebuah media interaktif agar dapat menunjukkan dampak dari mob mentality, berdasarkan metode perancanganan oleh Julia Griffrey dalam bukunya berjudul Introduction to Interactive Digital Media: Concept and Practice. Penulis berharap dengan perancangan ini, pengguna internet dapat lebih bersimpati dan memilki moral ketika bersosialisasi di dalam media sosial.
Actions (login required)
![]() |
View Item |
