Rancang Bangun Alikasi Deteksi Plagiarisme Menggunakan OCR dan Algoritma Rabin-Karp Berbasis Android

Alfredo, Julius (2023) Rancang Bangun Alikasi Deteksi Plagiarisme Menggunakan OCR dan Algoritma Rabin-Karp Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (841kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Plagiarisme adalah tindakan mengambil atau menyalin karya orang lain tanpa izin atau memberikan atribusi yang sesuai. Dalam konteks pendidikan dan penelitian, plagiat dapat merusak integritas akademik dan mengurangi nilai orisinalitas suatu karya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah aplikasi deteksi plagiarisme yang menggunakan Optical Character Recognition (OCR) dan algoritma Rabin-Karp berbasis Android. Pada tahap perancangan, aplikasi ini didesain untuk menerima input berupa foto teks atau foto dokumen yang kemudian diubah menjadi teks menggunakan teknologi OCR. Setelah itu, algoritma Rabin-Karp digunakan untuk melakukan deteksi plagiarisme dengan membandingkan teks yang dihasilkan dengan dataset jurnal. Algoritma Rabin-Karp dipilih karena kemampuannya dalam melakukan string matching dengan kompleksitas akurasi. Dalam tahap pengujian, aplikasi ini diuji dengan menggunakan dataset yang terdiri dari berbagai dokumen tulisan ketik. Hasil pengujian menunjukkan tingkat akurasi deteksi plagiarisme sebesar 93.33%, dengan nilai presisi 100.0%, nilai recall 89.47%, dan F1 Score sebesar 94.45%. Selain itu, penggunaan aplikasi dievaluasi menggunakan End User Computing Satisfaction (EUCS) yang melibatkan dimensi content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Hasil evaluasi menunjukkan rata-rata kepuasan pengguna sebesar 84.7%. Dengan adanya aplikasi deteksi plagiarisme ini, diharapkan mampu membantu mengidentifikasi kasus plagiat dan meminimalkan tindakan plagiarisme di lingkungan pendidikan dan profesional.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Algoritma Rabin-Karp, Deteksi Plagiarisme, OCR, Plagiarisme.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:55
Last Modified: 21 Aug 2023 04:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25675

Actions (login required)

View Item View Item