Perancangan Buku Informasi Berilustrasi Mengenai Penyakit Gingivitis pada Ibu Hamil

Kristabel, Klara (2023) Perancangan Buku Informasi Berilustrasi Mengenai Penyakit Gingivitis pada Ibu Hamil. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (357kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kesehatan mulut dan gigi perlu diperhatikan oleh manusia dikarenakan mulut dan gigi merupakan bagian awal dalam tubuh yang menerima makanan dan cairan. Masyarakat Indonesia memiliki kesadaran yang rendah terhadap penyakit mulut dan gigi. Berdasarkan riset Riskesdas dijelaskan bahwa 58,5% perempuan mengalami masalah pada gigi dan mulut dan hanya 11,4% saja yang menerima perawatan dari tenaga medis gigi. Terdapat dua tipe penyakit periondontal yang biasa dijumpai masyarakat pada umumnya yaitu gingivitis dan periodontitis. Penyakit gingivitis tersebut rentan bagi perempuan terlebih saat masa kehamilan karena pada saat kehamilan terjadi peningkatan hormon esterogen dan progresteron yang meningkat 10 kali lebih tinggi dari biasanya. Tingkat pengetahuan yang rendah dari ibu hamil di Indonesia dapat berdampak buruk pada tumbuh kembang janinnya. Tidak semua ibu hamil di Indonesia memiliki kemampuan untuk dapat berkonsultasi dengan dokter atau mencari sendiri informasi perihal kesehatan mulut dan gigi. Oleh karena itu penulis merancang media informasi yang diharapkan dengan adanya media informasi ini, para ibu hamil dapat lebih mengetahui bahwa adanya penyakit gigi dan mulut sepert pernyakit gingivitis yang dapat timbul pada saat kehamilan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kehamilan, gingivitis, media, informasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 002 The book (writing, libraries, and book-related topics)
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:58
Last Modified: 29 Sep 2023 00:34
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25690

Actions (login required)

View Item View Item