Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Romantisisasi Penyakit Mental pada Usia 17-25 Tahun

Michel Wijaya Oei, Berliana (2023) Perancangan Kampanye Sosial Mengenai Romantisisasi Penyakit Mental pada Usia 17-25 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (236kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Isu kesehatan mental telah menjadi sekedar tren kekinian bagi para remaja akibat banyaknya informasi terkait hal ini di media sosial. Pemberian informasi yang tidak tersaring mengenai masalah kesehatan mental menyebabkan justifikasi perasaan negatif sebagai suatu gangguan (Loyensya, 2021). Media sosial menjadi ajang aktualisasi diri sehingga perilaku remaja cenderung dapat menyimpang dari yang seharusnya (Sari, 2017). Romantisisasi merupakan kondisi dimana seseorang menganggap mental illness sebagai hal yang menarik untuk dimiliki karena memiliki daya tarik tersendiri (Shrestha, 2018). Fenomena ini menyebabkan emotional contagion dimana perasaan negatif yang diekspresikan dapat menular kepada perasaan orang lain yang membaca atau melihatnya. Penyakit mental ini seharusnya dianggap suatu masalah yang serius karena romantisisasi akan berdampak negatif bagi penderita, diri sendiri, dan lingkungan. Sehingga, penulis tertarik untuk melakukan perancangan kampanye sosial mengenai romantisisasi penyakit mental, khususnya pada usia 17-25 tahun. Metode perancangan kampanye menggunakan teori Landa (2021) dalam buku Advertising by Design. Hasil dari perancangan adalah exhibition sebagai media pembelajaran aktif untuk remaja akhir dalam mendalami mengenai isu kesehatan mental. Media utama diikuti dengan media edukasi, interaktif, promosi, gimmick, dan merchandise.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Romantisisasi, Penyakit Mental, Remaja, Kampanye Sosial
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.14 Social Participation
700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:59
Last Modified: 04 Oct 2023 00:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25693

Actions (login required)

View Item View Item