Perancangan Kampanye Teknik Grounding untuk Remaja Usia 16-24 Tahun

Pratiwi Putri Tjankilisan, Dwi (2023) Perancangan Kampanye Teknik Grounding untuk Remaja Usia 16-24 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Saat ini, masalah stres hingga gangguan kesehatan mental semakin umum terjadi di masyarakat, tidak terkecuali pada remaja usia transisi. Usia transisi (16-24 tahun) disebut sebagai usia kritis di mana remaja rentan mengalami stres dan kecemasan berlebih akibat perubahan jenjang kehidupan. Apabila tidak dikelola dengan baik, emosi negatif ini berpotensi memberikan dampak buruk pada kesehatan mental dan fisik remaja. Oleh karena itu, remaja perlu dibekali dengan pengetahuan seputar cara manajemen stres, salah satunya melalui teknik Grounding. Teknik Grounding adalah teknik untuk mengalihkan fokus diri dari emosi atau pikiran negatif kembali pada hal yang memberikan rasa aman melalui tiga cara: physical grounding, mental grounding, dan soothing grounding. Namun, teknik ini belum umum diketahui dan dilakukan oleh remaja, sehingga diperlukan media kampanye yang dapat mempersuasi remaja untuk mempraktikkannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dalam bentuk wawancara, studi literatur, studi eksisting dan referensi, disertai metode kuantitatif dalam bentuk kuesioner. Perancangan menggunakan metode desain Robin Landa dalam buku "Graphic Design Solutions". Hasil perancangan diharapkan dapat mendorong remaja untuk mempraktikkan teknik Grounding demi meningkatkan kemampuan manajemen stres dan emosi mereka.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: kampanye, stres, remaja, Grounding
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:59
Last Modified: 06 Oct 2023 00:13
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25697

Actions (login required)

View Item View Item