Analisis Pengaruh Kualitas Hidup Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention pada Karyawan Generasi Z di Wilayah Provinsi Riau

Amar, Ahsin Alfan (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Hidup Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Turnover Intention pada Karyawan Generasi Z di Wilayah Provinsi Riau. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (807kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Generasi Z atau Gen Z disebut sebagai generasi yang lahir setelah generasi Y. Kumpulan orang yang termasuk ke dalam generasi ini adalah mereka yang lahir pada tahun 1995 hingga tahun 2010. Saat ini tingkat Turnover yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan rata-rata berasal dari karyawan Generasi Z. hal tersebut dikarenakan jumlah karyawan generasi Z sudah mendominasi dibandingkan dengan dengan generasi lainnya. Dikarenakan banyaknya jumlah karyawan dan semakin meningkatnya jumlah generasi tersebut membuat perusahaan-perusahaan mendapatkan tantangan baru untuk dapat mencegah turnover dari karyawan generasi Z mengingat kecendrungan perilaku dari generasi Z pada tingkat turnover yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah quality of work life dan job satisfaction dapat mempengaruhi turnover intention pada karyawan generasi Z yang bekerja di wilayah Provinsi Riau. Metode dalam penelitian ini adalah descriptive research. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode non-probability sampling dan Teknik judgemental sampling. Kemudian data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online kepada 111 responden dan data yang diperoleh akan dioolah dengan menggunakan software IBM SPSS versi 26.0. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara quality of work life dengan job satisfaction, terdapat hubungan negative antara quality of work life dengan turnover intention, dan terdapat hubungan positif antara job satisfaction dengan turnover intention. Terdapat saran yang diberikan penulis untuk perusahaan terhadap variabel QoWL untuk meningkatkan JS, yaitu memberikan kesempatan kepada karyawan untuk berpartisipasi dalam organisasi, memberikan kompensasi, meningkatkan keamanan kerja dan meningkatkan interaksi antar karyawan. Kemudian, terdapat saran yang diberikan penulis kepada perusahaan terhadap variabel JS untuk mencegah TI yaitu dengan memenuhi kebutuhan karyawan, memberikan reward kepada karyawan atas kinerjanya, dan menciptakan lingkungan kerja yang aman.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Quality of Work Life, Job Satisfaction, Turnover Intention, Karyawan Generasi Z
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:47
Last Modified: 06 Jul 2023 10:47
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25728

Actions (login required)

View Item View Item