Juan Harjono, Ignatius (2023) Perancangan Media Interaktif Dalang Cilik untuk Anak Usia 8-10 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (848kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (791kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (538kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Wayang dijadikan sebagai sarana hiburan yang positif dengan tujuan pencerahan dan pendidikan. Contohnya dalam pertunjukan wayang golek, wayang dibuat menggunakan boneka kayu yang ringan yang diukir, dicat, dan diberi busana yang menggambarkan karakter manusia. Wayang diperkenalkan kepada kalangan pelajar karena memiliki pesan-pesan yang berhubungan dengan pemahaman agama, budi pekerti, dan moralitas. Cerita dalam wayang memberikan pendidikan dalam berbagai bidang seperti ilmu pengetahuan dan sejarah, serta mengandung pesan-pesan yang memiliki nilai-nilai yang bermanfaat. Kurangnya minat dari generasi penerus dalang dalam mengembangkan cerita dan pertunjukan juga menjadi salah satu alasan mengapa wayang kehilangan peminatnya. Permainan edukatif merupakan alat yang bermanfaat untuk mengurangi kebosanan dan meningkatkan proses pembelajaran. Karakteristik permainan tersebut mampu memotivasi, menghibur, dan memberikan kesenangan kepada anak- anak dalam aktivitas yang mendidik. Saat terlibat dalam bermain video game, anak-anak perlu memiliki konsentrasi yang tinggi dan memperkuat kemampuan daya ingat mereka. Storytelling telah menjadi alat komunikasi dan hiburan yang digunakan yang bermanfaat. Dalam konteks video game, cerita yang dirancang dengan baik memiliki kemampuan untuk membangkitkan imajinasi pemain dan meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan. Manfaat storytelling dalam video game mencakup memberikan pengalaman yang mendalam, memperkuat pesan-pesan penting, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan memperkuat hubungan sosial.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Peminat, Video Game, Wayang |
Subjects: | 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Visual Communication Design |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 09:47 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 00:39 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25729 |
Actions (login required)
View Item |