Perancangan Kampanye Sosial Risiko Sugar Craving Bagi Dewasa Awal di Jakarta

Catur Yulianto, Riski (2023) Perancangan Kampanye Sosial Risiko Sugar Craving Bagi Dewasa Awal di Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kegemaran masyarakat Indonesia dalam mengonsumsi makanan dan minuman manis bertanggung jawab sebagai sumber dari berbagai penyakit. Kebiasaan konsumsi makanan manis tersebut bermula dari fenomena sugar craving yang menjadi cikal bakal penyakit-penyakit berbahaya, baik secara medis maupun emosional. Sugar craving adalah sebuah fenomena dimana seseorang kesulitan dalam mengontrol nafsu makan dan cenderung selalu ingin makan makanan atau minuman manis. Kurangnya kesadaran masyarakat akan risiko tersebut terbukti dari peningkatan konsumsi makanan manis diikuti oleh peningkatan kasus obesitas dan diabetes yang terjadi di Indonesia. Mayoritas masyarakat yang mengalami fenomena sugar craving adalah pada usia dewasa awal khususnya di daerah perkotaan. Target dari perancangan ini adalah masyarakat usia 25-30 tahun di Jakarta yang gemar mengonsumsi makanan dan minuman manis. Proses pengumpulan data menggunakan metode mix method yaitu dengan kuantitatif dan kualitatif. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan metode perancangan design thinking. Hal ini didasari karena dalam merancang sebuah kampanye guna merubah sikap, pola pikir dan perilaku perlu terlebih dahulu memahami secara mendasar mengenai perspektif dari target sasaran desain sehingga dapat memberikan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Gula, Sugar craving, Kecanduan Gula, Kampanye
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:47
Last Modified: 30 Aug 2023 01:23
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25731

Actions (login required)

View Item View Item