Rancang Bangun Maze Game dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Cellular Automata dan Marching Square

Viore, Viore (2023) Rancang Bangun Maze Game dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Cellular Automata dan Marching Square. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

Video Game merupakan salah satu media hiburan yang muncul dengan perkembangannya teknologi komputer dan seiringnya berjalan zaman, teknologi terus berkembang dan begitu juga dengan Video Game dimana biaya dan tenaga kerja yang dibutuhkan meningkat. Sebuah Video Game sebagai media hiburan memiliki faktor replay value dimana sebuah video game kontennya dapat dimainkan secara berulang-ulang. Dalam upaya untuk mengurangi biaya dan tenaga kerja yang dibutuhkan digunakan metode Procedural Content Generation yang berfungsi untuk membuat konten yang berbeda-beda secara otomatis. Procedural Content Generation sendiri memiliki banyak jenis seperti Drunkard Walk, Noise, Perlin Noise dan Cellular Automata. Pada penelitian ini tipe Procedural Content Generation yang akan digunakan adalah Cellular Automata dan algoritma Marching Square untuk pembuatan bentuk 3D di game. Setelah game sudah dibangun, game dimainkan oleh beberapa pemain dan diukur tingkat kepuasannya menggunakan Game User Experience Satisfaction Scale. Hasil yang didapat berdasarkan perhitungan dari jawaban 25 pemain didapatkan nilai 83,14% untuk tingkat kepuasan keseluruhan pada game. Algoritma Cellular Automata berhasil digunakan dalam membuat bentuk dari map dan algoritma Marching Square dalam pembuatan mesh 3d walaupun terdapat ruangan yang terisolasi dan graphical glitch pada mesh

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Cellular Automata, Game User Experience Satisfaction Scale, Marching Square, Procedural Content Generation, Video Game
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:48
Last Modified: 08 Aug 2023 05:19
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25735

Actions (login required)

View Item View Item