Viore, Viore (2023) Rancang Bangun Maze Game dengan Procedural Content Generation Menggunakan Algoritma Cellular Automata dan Marching Square. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (18MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (202kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
Abstract
Video Game merupakan salah satu media hiburan yang muncul dengan perkembangannya teknologi komputer dan seiringnya berjalan zaman, teknologi terus berkembang dan begitu juga dengan Video Game dimana biaya dan tenaga kerja yang dibutuhkan meningkat. Sebuah Video Game sebagai media hiburan memiliki faktor replay value dimana sebuah video game kontennya dapat dimainkan secara berulang-ulang. Dalam upaya untuk mengurangi biaya dan tenaga kerja yang dibutuhkan digunakan metode Procedural Content Generation yang berfungsi untuk membuat konten yang berbeda-beda secara otomatis. Procedural Content Generation sendiri memiliki banyak jenis seperti Drunkard Walk, Noise, Perlin Noise dan Cellular Automata. Pada penelitian ini tipe Procedural Content Generation yang akan digunakan adalah Cellular Automata dan algoritma Marching Square untuk pembuatan bentuk 3D di game. Setelah game sudah dibangun, game dimainkan oleh beberapa pemain dan diukur tingkat kepuasannya menggunakan Game User Experience Satisfaction Scale. Hasil yang didapat berdasarkan perhitungan dari jawaban 25 pemain didapatkan nilai 83,14% untuk tingkat kepuasan keseluruhan pada game. Algoritma Cellular Automata berhasil digunakan dalam membuat bentuk dari map dan algoritma Marching Square dalam pembuatan mesh 3d walaupun terdapat ruangan yang terisolasi dan graphical glitch pada mesh
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Cellular Automata, Game User Experience Satisfaction Scale, Marching Square, Procedural Content Generation, Video Game |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++ |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 09:48 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 05:19 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25735 |
Actions (login required)
View Item |