Implementasi Algoritma A-star dan Dynamic Pathfinding untuk Pergerakan Non-Player Character pada Game RPG

Ari Gunawan, Renaldy (2023) Implementasi Algoritma A-star dan Dynamic Pathfinding untuk Pergerakan Non-Player Character pada Game RPG. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Role-Playing Game atau RPG merupakan salah satu genre permainan yang populer dan menggunakan algoritma pathfinding dalam implementasinya. Pathfinding sendiri merupakan salah satu metode untuk pencarian jalur dari satu titik ke sebuah titik lain. Algoritma dari pathfinding sendiri banyak macamnya dengan tingkat efektivitas yang berbeda juga. Salah satu algoritma tersebut adalah algoritma A- star yang memang sudah teruji efisiensinya dan sering digunakan dalam berbagai macam game untuk pencarian rutenya. Algoritma lainnya adalah algoritma dynamic pathfinding yang dimana algoritma ini belum terlalu banyak dikenali dan masih terbilang sedikit untuk referensinya. Kedua algoritma ini dapat digabung menjadi sebuah algoritma yang tidak hanya dapat mencari rute tercepat, namun juga dapat memiliki kelebihan untuk menghindari baik rintangan statis namun juga dinamis. Penelitian ini akan dijalankan dengan melakukan implementasi gabungan kedua algoritma tersebut dan diuji dengan dua buah skenario rintangan, baik statis maupun dinamis. Hasil dari penelitian ini adalah gabungan kedua algoritma ini algoritma ini mampu menghindari adanya rintangan statis maupun dinamis, dengan catatan jika dihadapkan dengan rintangan dinamis maka waktu tempuh yang diperlukan oleh Non-Player Character (NPC) akan lebih lama sebanyak 3,04 detik dikarenakan memerlukan pencarian rute alternatif kembali agar sampai di titik tujuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: A-star, Dynamic Pathfinding, Non-Player Character, Pathfinding, Role-Playing Game
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:50
Last Modified: 22 Aug 2023 00:52
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25747

Actions (login required)

View Item View Item