Implementasi Metode Certainty Factor dalam Sistem Diagnosis Penyakit Virus Feline pada Kucing Berbasis Android

Ika Putri, Rahmadina (2023) Implementasi Metode Certainty Factor dalam Sistem Diagnosis Penyakit Virus Feline pada Kucing Berbasis Android. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (738kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (101kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kucing merupakan hewan yang paling dikenal oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia, karena tingkah lakunya yang sangat menggemaskan sehingga banyak orang yang memelihara kucing. Merawat kucing tidak mudah, butuh kesabaran yang tinggi agar kucing tidak gampang terkena penyakit. Penyakit yang sering menyerang kucing adalah penyakit yang disebabkan oleh virus feline, banyak pemilik kucing yang kurang mengerti mengenai penyakit virus feline, jika kondisi tersebut terus menerus berlanjut, akan berakibat fatal pada kucing, maka dari itu diperlukan seorang pakar untuk mendiagnosis penyakit feline ini, akan tetapi tidak semua daerah terdapat klinik hewan, sehingga sistem pakar menjadi sebuah solusi untuk membantu pemilik kucing dalam mendiagnosis penyakit virus feline. Pada penelitian ini sistem yang dibuat dalam bentuk aplikasi berbasis Android dan menggunakan metode certainty factor dimana metode ini digunakan sebagai tolak ukur dalam mendiagnosis penyakit virus feline pada kucing berdasarkan nilai cf yang telah diberikan oleh pakar. Hasil dari penelitian adalah implementasi metode certainty factor berhasil dilakukan ke dalam aplikasi, nilai akurasi yang dihasilkan sebesar 90% sesuai dengan hasil diagnosis pakar. Hasil evaluasi kelayakan sistem berdasarkan kepuasan pengguna memperoleh nilai sebesar 90,95%, yang menunjukkan bahwa pengguna sangat setuju aplikasi layak digunakan untuk mendiagnosis penyakit virus feline pada kucing dan keakuratan sistem memiliki hasil diagnosis yang akurat.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Android, Certainty Factor, Kucing, Penyakit Virus Feline, Sistem Pakar
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:52
Last Modified: 08 Aug 2023 05:31
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item View Item