Perancangan Kampanye Pengolahan Sampah Eco Enzyme untuk Ibu Rumah Tangga

Christie Santosa, Andrea (2023) Perancangan Kampanye Pengolahan Sampah Eco Enzyme untuk Ibu Rumah Tangga. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (22MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (14MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Partisipasi ibu rumah tangga dalam menjaga kesehatan lingkungan sangat dibutuhkan. Metode yang dapat dilakukan adalah metode 3R yakni reduce reuse and recycle, dengan reusing sampah organik yakni dengan mengubah sampah organik berupa sisa buah buahan dan sayuran menjadi cairan multiguna untuk rumah tangga, yang disebut dengan eco enzyme dapat menjadi salah satu solusi yang bermanfaat untuk melestarikan lingkungan dengan mengurangi limbah organik pada rumah tangga. Keuntungan yang diberikan oleh eco enzyme dapat dirasakan sebagai cairan pembersih rumah tangga yang alami, ada pula fungsi lain bagi alam yakni menetralkan pH air. Media informasi yang dibagikan sudah beragam, mulai dari website, sosial media hingga modul. Namun, mayoritas ibu rumah tangga hanya sekedar mengetahui eco enzyme tanpa mendalami pengetahuan mengenai eco enzyme, kurangnya persuasi pada media-media tersebut juga menjadi faktor yang membuat ibu rumah tangga tidak tertarik akan pembuatan cairan ini. Oleh karena itu,dibutuhkan kampanye mengenai eco enzyme untuk mengajak ibu rumah tangga dalam melindungi lingkungan kita dengan tepat. Perancangan ini menggunakan metode kualitatif yakni melalui wawancara (one-on-one), studi eksisting dan referensi serta menggunakan kuesioner sebagai metode kuantitatif. Perancangan desain buku Graphic Design Solution menurut Robin Landa dan Teori kampanye akan mengikuti Blakeman, Advertising campaign design: just the Essentials. Perancangan kampanye ini bertujuan untuk memberikan persuasi akan pembuatan dan penggunaan eco enzyme kepada ibu rumah tangga.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, Eco Enzyme, Kelestarian Lingkungan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:52
Last Modified: 31 Aug 2023 01:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25764

Actions (login required)

View Item View Item