Perancangan Kampanye Mengenai Pencegahan Bahaya Penyakit Low Back Pain untuk Usia 20-29 Tahun

Sherina, Sherina (2023) Perancangan Kampanye Mengenai Pencegahan Bahaya Penyakit Low Back Pain untuk Usia 20-29 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (16MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (283kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Musculoskeletal disorders adalah gangguan pada tendon, ligamen, jaringan otot, dan sistem saraf yang ditandai oleh rasa nyeri dan berkurangnya kemampuan fisik dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Low back pain merupakan salah satu penyakit global yang menjadi penyebab utama terjadinya disabilitas dibandingkan penyakit musculoskeletal lainnya. Low back pain apabila diabaikan dapat berpotensi menjadi chronic low back pain atau paling parah menyebabkan kelumpuhan. Sebanyak 45,3% masyarakat di Indonesia mengalami low back pain sejak pandemi COVID-19 berlangsung. Terjadi peningkatan prevalensi low back pain sebanyak 32.757 jiwa dari tahun 2016 sampai 2019. Rendahnya kesadaran akan low back pain mengakibatkan masyarakat rentan terkena musculoskeletal disorders. Perancangan kampanye ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kesadaran dan mengedukasi masyarakat akan dampak jangka panjang dari low back pain dan cara menanganinya. Metode yang digunakan untuk perancangan ini adalah hybrid atau campuran antar kualitatif dan kuantitatif. Metode kuantitatif dilakukan dengan menyebar kuesioner dan kualitatif dilakukan dengan wawancara ahli, FGD, dan studi referensi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden tidak tahu dampak jangka panjang, tidak pernah mencari tahu tentang low back pain dan cara menanganinya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Kampanye, low back pain, bahaya LBP, pencegahan
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:52
Last Modified: 11 Oct 2023 01:17
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25766

Actions (login required)

View Item View Item