Rancang Bangun Game Augmented Reality Edukasi Pengenalan Warna untuk Down Syndrome dengan Metode Markerless Based

Irena Gunawan, Tania (2023) Rancang Bangun Game Augmented Reality Edukasi Pengenalan Warna untuk Down Syndrome dengan Metode Markerless Based. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (537kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Down Syndrome adalah kelainan genetik umum pada manusia. Anak-anak dengan Down Syndrome memiliki tiga salinan kromosom 21. Kondisi ini mempengaruhi perkembangan fisik, kognitif, dan sosial anak-anak tersebut. Pendekatan inklusif penting dalam mendukung perkembangan anak. Anak-anak dengan Down Syndrome sering mengalami keterbatasan kognitif. Intervensi dini dan pendekatan pendidikan terpadu meningkatkan kemampuan belajar dan perkembangan kognitif. Standar nasional PAUD menyatakan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini penting. Anak dapat belajar mengelompokkan objek berdasarkan warna dan mengenali pola warna. Anak usia dini aktif bermain dan membutuhkan metode belajar interaktif. Game edukasi yang menyenangkan menjadi salah satu metode tersebut. Dengan kemajuan teknologi Augmented Reality (AR), diciptakan game edukasi interaktif dan menarik bagi anak-anak. Penelitian ini menggunakan teknologi Augmented Reality dengan metode Markerless Based untuk membuat game pembelajaran warna yang menarik minat belajar anak. Penelitian ini berhasil diimplementasikan dan disetujui oleh 84.8% orang tua anak-anak Down Syndrome. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada post-quiz dibanding pre- quiz, menandakan peningkatan nilai anak.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Augmented Reality, Down Syndrome, Game pengenalan warna, Kognitif , Markerless Based
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.3 Programs
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:55
Last Modified: 08 Aug 2023 05:51
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25782

Actions (login required)

View Item View Item