Deteksi Kesalahan Eja Kata Luluh pada Portal Berita Online Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Rabin-Karp (Studi Kasus: Tribunnews)

Tandiono, Jason (2023) Deteksi Kesalahan Eja Kata Luluh pada Portal Berita Online Berbahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Rabin-Karp (Studi Kasus: Tribunnews). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Media sosial adalah media daring yang memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan blog di dunia virtual dengan mudah. Portal berita daring adalah salah satu produk dari perkembangan teknologi internet di dunia jurnalisme. Pada setiap media pemberitaan, bahasa menjadi aspek utama dalam menyampaikan informasi. Namun, seiring berkembangnya teknologi, penerapan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar mulai kurang diperhatikan. Beberapa kesalahan ejaan yang sering terjadi dalam penerapan kaidah bahasa Indonesia seperti, kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan huruf miring, kesalahan penulisan lambang bilangan, dan kesalahan penulisan tanda baca. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membangun sebuah sistem yang dapat mendeteksi salah satu kesalahan penerapan bahasa Indonesia yang baik yaitu, kesalahan ejaan kata luluh dan memberikan solusi kata yang benar. Sistem akan dibuat menggunakan bahasa python dengan menerapkan algoritma Rabin- Karp. Algoritma Rabin-Karp bekerja dengan membandingkan nilai hash dari kata yang salah dengan kata yang ada pada dataset. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan akurasi pendeteksian sistem sebesar 95,2% dimana nilai akurasi tersebut sama dengan nilai akurasi dari stemmer yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat membantu mendeteksi kesalahan ejaan kata luluh dan memberikan solusi kata yang benar supaya kesalahan kaidah penulisan bahasa Indonesia dapat dihindari.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Algoritma Rabin-Karp, Bahasa Indonesia, Kata Luluh, Kesalahan Ejaan, Portal Berita Daring
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:55
Last Modified: 08 Aug 2023 06:16
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25783

Actions (login required)

View Item View Item