Rancang Bangun Game Simulasi Kimia sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Algoritma Collision Detection

Enrico Andhyka, Andrew (2023) Rancang Bangun Game Simulasi Kimia sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Algoritma Collision Detection. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Di era globalisasi tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi sangatlah cepat. Sangat banyak aspek kehidupan yang terkena dampaknya, salah satunya adalah Pendidikan. Salah satu contoh teknologi dibidang pendidikan adalah game sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan teknologi ini dapat menjadi salah satu alternatif untuk menarik minat belajar siswa. Dengan adanya permainan yang interaktif para siswa dapat lebih mudah memahami materi atau pembelajaran yang diberikan. Pada penelitian ini dirancang sebuah permainan simulasi dengan tema kimia yang menggunakan algoritma collision detection, yang memiliki tujuan untuk membuat sebuah reaksi pada 2 buah objek yang ditabrakan. Pada permainan ini juga telah dirancang beberapa level dengan tingkat kesulitan simulasi yang berbeda-beda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian dari aspek core module memiliki nilai 2,91 dan post game module memiliki nilai 2,68. Kesimpulannya pembangunan game simulasi ini menunjukkan hasil yang netral bagi para pemain dapat dilihat dari penilaian rata-rata dari metode GEQ (Game Experience Questionnaire) ini adalah 2,79, dari keseluruhan penilaian pengalaman atau experience pemain.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pendidikan, Collision Detection, Kimia, Game Simulasi
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 003 Systems (Computer Modeling and Simulation)
000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 005 Computer Programming > 005.2 Programming for Specific Computers, Algorithm, HTML, PHP, java, C++
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:55
Last Modified: 08 Aug 2023 05:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25788

Actions (login required)

View Item View Item