Perancangan Kampanye tentang Menggunakan Produk Upcycled untuk Usia 21-35 Tahun

Mora Arnosia, Michiko (2023) Perancangan Kampanye tentang Menggunakan Produk Upcycled untuk Usia 21-35 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)

Abstract

Adanya masalah sampah di Indonesia menjadi dorongan untuk pengrajin serta pegiat bisnis membuat produk atau jasa yang membantu dalam permasalahan tersebut. Produk upcycled merupakan salah satu solusi bagi masalah pengelolaan sampah di Indonesia. Contoh dari produk upcycled adalah merchandise seperti tas, tempat laptop, maupun furniture dari bahan bekas. Dengan upcycled sampah sampah cukup banyak dikelola kembali menjadi barang yang bernilai lebih. Akan tetapi masyarakat masih belum terlalu menerima produk upcycled. Masih adanya stigma mengenai produk upcycled merupakan produk berkualitas buruk dan kotor. Hal ini berdampak pada penjualan produk upcycled. Tanpa adanya penjualan sampah yang seharusnya diolah menjadi produk kembali menumpuk. Maka dari itu penulis mengajukan perancangan kampanye tentang penggunaan produk upcycled. Dalam perancangan kampanye ini penulis menggunakan metode penelitian campuran dengan melakukan survei sebagai data kuantitatif, dan melaksanakan wawancara dan forum group discussion untuk data kuantitatif. Penulis menggunakan metode Human Centered Design untuk melakukan perancangan desain. Penulis berharap dengan kampanye ini dapat memberikan informasi yang lengkap mengenai produk upcycled, dan meningkatkan penggunaan produk upcycled di masyarakat sehingga membantu dalam pelestarian lingkungan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Upcycle, Kampanye, Media Sosial
Subjects: 700 Arts and Recreation > 740 Graphic Arts and Decorative Arts > 741 Drawing and drawings (Incl. cartoons, animations, comics, graphic novels and caricatures) > 741.6 Graphic Design, Illustration
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:56
Last Modified: 04 Oct 2023 01:43
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25792

Actions (login required)

View Item View Item