Gratifikasi yang Dicari Oleh Pendengar Berita Radio

Windrawan, Abel (2023) Gratifikasi yang Dicari Oleh Pendengar Berita Radio. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (342kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (247kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)

Abstract

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Katadata Insight Center memaparkan bahwa dari 10 ribu responden tentang orang Indonesia yang masih mencari informasi melalui radio mengatakan hanya terdapat 4 persen orang Indonesia yang masih mencari informasi melalui radio, angka tersebut sama persis dengan proporsi orang yang masih membaca media cetak dengan angka 4 persen (Vania, 2022). Pada motifnya, pendengar berita radio masih belum ditemukan pada penelitian baru-baru ini yang membahas terkhusus kepuasan yang dicari pendengar berita radio yang masih mencari informasi melalui radio pada saat ini. McQuail (1994) mengemukakan terdapat enam motif orang masih mau mencari informasi melalui radio, antara lain; memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain, mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki, menemukan bahan percakapan dan interaksi sosial, memperoleh teman selain dari manusia, membantu menjalankan peran sosial, memungkinkan diri untuk dapat menghubungi sanak keluarga, teman, dan masyarakat (McQuail et al., 1994, p.74). Penelitian ini mengambil metode kuantitatif deskriptif dalam mendapat temuan dari pertanyaan besar "gratifikasi apa yang masih dicari oleh pendengar berita radio?" Sehingga peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications dalam membantu mencari hasil pada penelitian ini. Hasil temuannya adalah enam motif yang dikemukakan McQuail (1994) masih relevan saat ini. Temuan lainnya adalah fakta bahwa terdapat 391 responden yang mayoritas masih mendengarkan radio untuk mendapatkan informasi 1 minggu 1 kali dan dengan durasi dibawah 1 jam.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Berita, Gratifikasi, Radio 7 Gratifikasi Yang Dicari..., Nama Penulis, Universitas Multimedia Nusantara
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:59
Last Modified: 06 Jul 2023 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25815

Actions (login required)

View Item View Item