Windrawan, Abel (2023) Gratifikasi yang Dicari Oleh Pendengar Berita Radio. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (352kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (342kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (247kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (536kB) |
Abstract
Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Katadata Insight Center memaparkan bahwa dari 10 ribu responden tentang orang Indonesia yang masih mencari informasi melalui radio mengatakan hanya terdapat 4 persen orang Indonesia yang masih mencari informasi melalui radio, angka tersebut sama persis dengan proporsi orang yang masih membaca media cetak dengan angka 4 persen (Vania, 2022). Pada motifnya, pendengar berita radio masih belum ditemukan pada penelitian baru-baru ini yang membahas terkhusus kepuasan yang dicari pendengar berita radio yang masih mencari informasi melalui radio pada saat ini. McQuail (1994) mengemukakan terdapat enam motif orang masih mau mencari informasi melalui radio, antara lain; memperoleh pengetahuan tentang keadaan orang lain, mengidentifikasikan diri dengan orang lain dan meningkatkan rasa memiliki, menemukan bahan percakapan dan interaksi sosial, memperoleh teman selain dari manusia, membantu menjalankan peran sosial, memungkinkan diri untuk dapat menghubungi sanak keluarga, teman, dan masyarakat (McQuail et al., 1994, p.74). Penelitian ini mengambil metode kuantitatif deskriptif dalam mendapat temuan dari pertanyaan besar "gratifikasi apa yang masih dicari oleh pendengar berita radio?" Sehingga peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications dalam membantu mencari hasil pada penelitian ini. Hasil temuannya adalah enam motif yang dikemukakan McQuail (1994) masih relevan saat ini. Temuan lainnya adalah fakta bahwa terdapat 391 responden yang mayoritas masih mendengarkan radio untuk mendapatkan informasi 1 minggu 1 kali dan dengan durasi dibawah 1 jam.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Berita, Gratifikasi, Radio 7 Gratifikasi Yang Dicari..., Nama Penulis, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 09:59 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 10:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25815 |
Actions (login required)
View Item |