Rancang Bangun Sistem Pengembangan Produk Baru dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: PT Kalbe Farma Tbk (International Division))

Sanjaya, Bonaventura (2023) Rancang Bangun Sistem Pengembangan Produk Baru dengan Metode Rapid Application Development (Studi Kasus: PT Kalbe Farma Tbk (International Division)). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (837kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (206kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)

Abstract

Pengembangan produk baru sangat penting bagi perusahaan untuk dapat beradaptasi dengan perubahan pasar, teknologi, dan kompetisi. Kesuksesan pembuatan produk baru tidak terlepas dari peran faktor-faktor pendukung, seperti pendekatan teknologi dan proses yang terjadi pada internal organisasi. Kalbe International, sebagai perusahaan yang mengembangkan produk baru, telah menerapkan digitalisasi dalam proses pengembangan produk barunya. Namun, dengan pertumbuhan perusahaan, pendekatan tersebut telah menghadapi kendala dan menurunkan produktivitas dan efisiensi sehingga diperlukan suatu sistem yang dapat memperbaiki masalah tersebut. Salah satu metode pengembangan sistem yang dapat digunakan adalah Rapid Application Development (RAD), yang menawarkan siklus pengembangan aplikasi yang cepat dan produk berkualitas baik. Pembuatan sistem yang telah selesai kemudian diuji menggunakan Black Box Testing untuk menguji sisi fungsionalitas dari sistem. Setelah pengujian selesai dilakukan dan tidak terdapat masalah, selanjutnya dilakukan evaluasi sistem menggunakan User Acceptance Testing yang kemudian diukur menggunakan skala likert untuk mengetahui tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem yang dibuat. Hasil evaluasi menunjukkan penerimaan terhadap aspek desain tampilan sebesar 83.39%, kemudahan penggunaan sebesar 82.5%, kegunaan sebesar 82.26%, dan fungsionalitas sebesar 81.19%, sehingga hasil rata-rata tingkat penerimaan pengguna terhadap sistem secara keseluruhan adalah sebesar 82.49%.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Black Box Testing, Kalbe International, Rapid Application Development, Sistem Pengembangan Produk Baru, User Acceptance Testing
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 09:59
Last Modified: 25 Aug 2023 05:50
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25816

Actions (login required)

View Item View Item