Pengaruh Film Sang Kiai terhadap Literasi Sejarah Tokoh Pahlawan Indonesia pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 23 Kabupaten Tangerang

Putri Winata, Bella (2023) Pengaruh Film Sang Kiai terhadap Literasi Sejarah Tokoh Pahlawan Indonesia pada Siswa Kelas XI IPS SMAN 23 Kabupaten Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)

Abstract

Sejarah merupakan salah satu faktor yang mampu membangun karakter bangsa. Straaten dkk (2015) menjelaskan bahwa melalui literasi sejarah, siswa diasah untuk beradaptasi dengan perubahan waktu ke waktu dari masa lampau, masa kini, dan masa depan. Namun, pada praktiknya, sejarah juga merupakan pelajaran membosankan yang mengungkit berbagai runtutan tahun kejadian dan peristiwa sehingga sulit untuk dihapal (Kurniawati, Djunaidi, Rahman, & Ayesma, 2021). Pada studi ini, peneliti menguji pengaruh film sejarah sebagai media komunikasi dalam pelajaran sejarah dalam meningkatkan literasi sejarah siswa/i kelas XI IPS SMAN 23 Kabupaten Tangerang dengan menggunakan metode penelitian eksperimen di mana akan terdapat kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dalam penelitian ini. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara film sejarah sebagai media komunikasi pendidikan terhadap peningkatkan literasi sejarah. Peneliti menggunakan uji independen t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil uji tersebut, didapat kesimpulan bahwa penggunaan media komunikasi film sejarah berpengaruh terhadap peningkatan literasi sejarah siswa XI IPS SMAN 23 Kabupaten Tangerang. Dengan kesimpulan ini, maka diharapkan pada masa mendatang, industri film dapat lebih memperluas produksi film-film pendidikan dan guru sebagai pengajar dapat mulai menerapkan media film dalam pembelajaran dalam meningkatkan literasi sejarah.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Film Sejarah, Literasi Sejarah, Teori Kekayaan Media
Subjects: ?? HD30 ??
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:00
Last Modified: 06 Jul 2023 11:00
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25826

Actions (login required)

View Item View Item