Triani, Meidiana (2023) Analisis Peran Budaya Organisasi pada Proses Digital Transformation dalam Menghadapi Masa Pandemi (Studi Etnografi pada PT XYZ). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (487kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (175kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Ketika pandemi Covid-19 muncul di Indonesia, pemerintah melakukan kebijakan untuk membatasi gerak dari masyarakat, salah satunya pembatasan buka dan tutup pusat perbelanjaan. Hal ini, kemudian memberi tekanan pada perekonomian. Perilaku konsumen langsung mengalami perubahan. Gaya belanja mereka berubah dari offline menjadi online, karena mobilitas yang terbatas. E-commerce telah mengubah perilaku belanja konsumen. Pandemi telah mempercepat proses digital transformation. Dari hal ini, perusahaan akhirnya memutuskan melakukan digital transformation dan mulai memasuki dunia e-commerce. Mulai mengenalkan brand lewat digital marketing yang efektif untuk mengiklankan brand secara luas ketika pandemi. Penerapan digital transformation ini, akhirnya membuat budaya perusahaan menjadi hal yang penting, sebab mempengaruhi berjalan atau tidaknya digital transformation. Dengan perbedaan budaya pada tiap perusahaan, maka strategi yang dipilih juga akan berbeda. Budaya perusahaan memiliki peranan untuk mengukur keberhasilan perusahaan dalam melaksanakan digital transformation untuk menghadapi masa pandemi. Oleh karenanya, pada penelitian ini digunakan teori budaya organisasi dan cultural dimensions theory dari Hofstede. Metode etnografi dipilih karena peneliti dapat fokus pada kelompok budaya. Biasanya, etnografi digunakan oleh peneliti yang ada di luar organisasi. Namun, pada penelitian ini, peneliti merupakan bagian dari organisasi, sehingga mempunyai gambaran lebih mendalam terkait budaya yang terjadi di dalamnya. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa simbol yang muncul dalam setiap kategori budaya organisasi di perusahaan, memiliki makna unik, yang akhirnya berperan dalam digital transformation, yang nantinya berimbas pada kinerja perusahaan. Kombinasi dimensi budaya turut menjadi faktor penting keberhasilan dari digital transformation yang dilakukan. Budaya, organisasi, konsumen, teknologi, dan strategi, menjadi faktor teratas dalam digital transformation yang dapat memiliki pengaruh besar pada kinerja perusahaan.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Digital Transformation, Budaya Organisasi, Dimensi Budaya, Customer Behavior, Digital Marketing, Kinerja Perusahaan |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 10:01 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25837 |
Actions (login required)
View Item |