Natasha Hadiwinata, Lydia (2023) Strategi Komunikasi Pemasaran Sosial Digital untuk Meningkatkan Pemberdayaan Perempuan pada Sektor Social Enterprise. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (644kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (701kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (772kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (652kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
WomenWorks merupakan perusahaan sosial yang memiliki produk Mentoring dan memiliki tujuan untuk memajukan pemberdayaan perempuan di Indonesia. Media komunikasi pemasaran yang dipilih oleh perusahaan ini adalah media digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran sosial digital yang dilakukan oleh WomenWorks dalam memasarkan produk Mentoring. Acuan konsep yang digunakan adalah perencanaan kegiatan pemasaran sosial, saluran komunikasi pemasaran sosial, dan pemberdayaan perempuan di Indonesia. Selain itu, Theory of Planned Behavior digunakan untuk menganalisis faktor-faktor pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan produk Mentoring. Pendekatan penelitian adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam pada tujuh partisipan dan observasi terhadap konten media sosial WomenWorks. Data dianalisis dengan pattern matching yaitu menyelaraskan hasil penelitian dengan model perencanaan pemasaran sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran sosial WomenWorks menggunakan kekuatan testimoni dari orang- orang yang sudah bergabung untuk menarik orang lain mengenal dan menggunakan produk Mentoring. Saluran komunikasi pemasaran utama yang dipilih adalah Instagram sebagai media edukasi dan literasi yang mumpuni bagi target pasar. Dari sisi perilaku konsumen, norma subjektif seseorang merupakan faktor yang menentukan pengambilan keputusan untuk menggunakan produk Mentoring. Selain itu, teknologi digital membantu perusahaan sosial untuk melakukan literasi mengenai isu pemberdayaan perempuan.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | strategi komunikasi pemasaran sosial, social enterprise, pemberdayaan perempuan. |
Divisions: | Faculty of Communication > Master Communication Studies |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 10:02 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 00:50 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25839 |
Actions (login required)
View Item |