Young, Steven (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Mengadopsi Sosial Media Marketing dan Dampaknya terhadap Bisnis. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (916kB) | Preview |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (521kB) | Preview |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (851kB) |
||
|
PDF
BAB_V.pdf Download (256kB) | Preview |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Peluang dari ekonomi digital yang terus meningkat, membuat pemerintah mendorong UMKM untuk melakukan on-board digital. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadopsi media sosial dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong UMKM di Indonesia dalam mengadopsi pemasaran di media sosial untuk meningkatkan dampak dari bisnis mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah Structural Modeling Equation (SEM) berdasarkan Partial Least Square. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah UMKM yang menggunakan media sosial untuk pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terhadap beberapa UMKM. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 136 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pemasaran di media sosial dipengaruhi oleh performance expectancy dan social influence. Sedangkan effort expectancy, facilitating condition dan cost tidak berdampak signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial untuk pemasaran berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM terutama dalam meningkatkan penjualan, hubungan pelanggan, produktivitas, dan kreativitas. Kontribusi teoritis untuk penelitian ini dibangun di atas teori UTAUT dan dampaknya terhadap pemasaran media sosial pada UMKM di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Media sosial, UMKM , UTAUT |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 10:02 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 11:02 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25843 |
Actions (login required)
View Item |