Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Mengadopsi Sosial Media Marketing dan Dampaknya terhadap Bisnis

Young, Steven (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Mengadopsi Sosial Media Marketing dan Dampaknya terhadap Bisnis. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_I.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_II.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
BAB_III.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img]
Preview
PDF
BAB_V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peluang dari ekonomi digital yang terus meningkat, membuat pemerintah mendorong UMKM untuk melakukan on-board digital. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadopsi media sosial dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong UMKM di Indonesia dalam mengadopsi pemasaran di media sosial untuk meningkatkan dampak dari bisnis mereka. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan alat analisis yang digunakan adalah Structural Modeling Equation (SEM) berdasarkan Partial Least Square. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel dalam penelitian ini adalah UMKM yang menggunakan media sosial untuk pemasaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terhadap beberapa UMKM. Jumlah sampel penelitian ini yaitu 136 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pemasaran di media sosial dipengaruhi oleh performance expectancy dan social influence. Sedangkan effort expectancy, facilitating condition dan cost tidak berdampak signifikan. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial untuk pemasaran berpengaruh positif terhadap kinerja UMKM terutama dalam meningkatkan penjualan, hubungan pelanggan, produktivitas, dan kreativitas. Kontribusi teoritis untuk penelitian ini dibangun di atas teori UTAUT dan dampaknya terhadap pemasaran media sosial pada UMKM di Indonesia.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Media sosial, UMKM , UTAUT
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:02
Last Modified: 06 Jul 2023 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/25843

Actions (login required)

View Item View Item